Kamis, Februari 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Puncak Peringatan HUT Ke-52 KORPRI Tahun 2023, DP KORPRI Bontang Ikuti secara Virtual: Semangat KORPRIkan Indonesia

JAKARTA – Puncak Peringatan HUT Ke-52 Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (KORPRI) dirayakan dengan semarak, Selasa (28/11) hari ini di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota Bontang. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid terpusat di Jakarta dan diikuti Dewan Pengurus (DP) KORPRI Kota Bontang secara virtual.

Peringatan HUT Ke-52 KORPRI tahun ini memiliki makna yang sangat istimewa. Sekretaris Daerah Kota Bontang, Ir. Hj. Aji Erlynawati, MT, yang juga menjabat sebagai Ketua DP KORPRI Kota Bontang, mengungkapkan bahwa peringatan ini memiliki beberapa tujuan penting.

Salah satunya adalah memedomani Edaran Ketua DP KORPRI Nasional Nomor 8 Tahun 2023 tentang HUT ke-52 Korps Pegawai Negeri Tahun 2023. Selain itu, peringatan ini juga merupakan bagian dari Program Kerja DP KORPRI Kota Bontang Tahun 2023, terutama dalam upaya pembinaan jiwa korps dan wawasan kebangsaan anggota KORPRI Kota Bontang.

Acara ini dihadiri sejumlah pejabat penting, termasuk Wakil Wali Kota Bontang Hj Najirah, yang juga merangkap sebagai Pembina DP KORPRI Kota Bontang, serta para kepala perangkat daerah yang bertugas sebagai pengurus KORPRI Unit Perangkat Daerah. Turut hadir pula penerima penghargaan dan penerima santunan/tali asih.

Tema peringatan ini adalah “KORPRIKAN INDONESIA,” yang mencerminkan semangat untuk lebih berperan aktif dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

Aji Erlynawati juga menjelaskan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT Ke-52 KORPRI tingkat Kota Bontang. Antara lain, penyerahan penghargaan SAKIP dan penyematan PIN ASN Berakhlak secara simbolis, penyerahan uang purna tugas kepada 30 orang PNS yang memasuki masa pensiun, serta penyerahan uang tali asih kepada 8 orang ahli waris PNS yang telah meninggal dunia.

Tak hanya itu, ada juga penyerahan uang pembinaan kepada 10 orang atlet dan 9 orang Qori/Qoriah ASN yang telah berprestasi. Selain itu, 211 orang PNS akan menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya XXX, XX, dan X Tahun sebagai bentuk penghargaan atas pengabdiannya.

Puncak peringatan HUT Ke-52 KORPRI juga mencakup partisipasi dalam upacara peringatan nasional yang akan diikuti secara virtual pada pukul 10.30 WITA.

Selain itu, ada kegiatan khusus yang dinamakan “MAUNJUN” (Mancing Untung Jalin Rukun) KORPRI, yang merupakan acara memancing bersama ASN dan masyarakat umum. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Hari Minggu, 3 Desember 2023.

Capaian dan rencana program kerja KORPRI Kota Bontang yang disampaikan juga menjadi sorotan. Di antaranya, pemberian uang purna tugas kepada seluruh PNS Pemkot Bontang yang pensiun dari Juni 2022 hingga Desember 2023, total 92 orang.
Terlaksananya pemberian uang duka bagi ahli waris ASN yang meninggal dunia sejak tahun 2022 hingga 2023 ini, sejumlah total 19 orang, dan bantuan perawatan kesehatan serta kegiatan Baksos Ramadhan demi meringankan beban ASN yang pensiun.

Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum KORPRI (LKBH KORPRI) juga telah dibentuk, menunjukkan komitmen KORPRI Kota Bontang dalam memberikan pelayanan dan perlindungan kepada anggotanya.

Tak lupa, prestasi kontingen KORPRI Kota Bontang dalam ajang MTQ ASN, PORPROV, dan PORNAS ASN baik di tingkat Provinsi Kalimantan Timur maupun di tingkat Nasional Tahun 2023 turut diapresiasi dengan bonus/uang pembinaan.

Rencana program kerja KORPRI ke depan juga menjadi fokus, yang diarahkan untuk memantapkan program-program kerja yang sudah terlaksana serta menyelesaikan program-program kerja baik jangka menengah maupun jangka panjang. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota KORPRI Kota Bontang.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bontang, Najirah, dalam sambutannya juga memperkuat semangat peringatan ini. Ia mengapresiasi peran ASN selaku anggota DP KORPRI Kota Bontang dalam berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan. Najirah juga menekankan pentingnya menjaga nama dan wibawa organisasi D.P. KORPRI Kota Bontang, menjaga prinsip netralitas sebagai ASN, dan terus mengembangkan kegiatan yang bermanfaat bagi anggotanya.

Selain itu, Najirah juga mengingatkan pentingnya menjunjung tinggi nilai profesi ASN, yang mengandung makna Ber-AKHLAK: Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular