Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkot Bontang Jajaki Kerjasama dengan Kemenhub Dalam Pengembangan SDM Transfortasi

BONTANG – Mendasari Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2012 tentang Sumber Daya Manusia di Bidang Transfortasi, bahwa Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan SDM di bidang Transfortasi baik untuk regulator, operator dan insdustri.

Dalam rangka pemenuhan SDM di bidang transfortasi di lingkungan Pemerintah Daerah, Kementerian Perhubungan memiliki Program Pola Pembibitan Pendidikan Tinggi Vokasi kerjasama dengan Pemerintah Daerah pada Sekolah Tinggi/ Politeknik/ Akademi dibawah Badan Pengembangan SDM Perhubungan.

Sehubungan dengan hal tersebut Wakil Walikota Bontang Hj. Najirah, SE, didampingi Kepala Dinas Perhubungan dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, serta Kepala Bidang Prasarana Dan Pengembangan Wilayah Kota Bontang melaksanakan penjajakan rencana kerjasama dalam pemenuhan SDM di bidang transfortasi melalui pola pembibitan pada Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan, Selasa dan Rabu 26 dan 27 Maret 2024.

Bak gayung bersambut, kehadiran Wakil Walikota Bontang disambut dengan sangat baik oleh Plt. Kepala BPSDM Kementerian Perhubungan Bapak DR. Capt. Wisnu Handoko, M.Sc beserta jajaran, yang memberikan penjelasan terkait kebijakan kerjasama pola pembibitan (Polbit) guna menyiapkan SDM handal di bidang transfortasi sesuai dengan kebutuhan Pemerintah Daerah.

Tentu ada proses dan ketentuan yang harus dipenuhi dan ditaati, termasuk dengan melaksanakan MOU sebagai langkah awal dalam menjalin kerjasama tersebut.

Respon positif juga diberikan oleh Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat melalui Kepala Bidang Pendidikan Ibu DR. Ir. Gloriana Novita Christin, ST, MT dan Koordinator Substansi Program Bidang Pendidikan Bapak Sam Deli Imanuel Dudung, S.SIT, MM, yang sekalgus memaparkan tentang pendidikan vokasi Kementerian Perhubungan, jalur penerimaan taruna, formasi pola pembibitan, jenis pendidikan dan pelatihan transfortasi (sertifikasi keahlian), perguruan tinggi pada Matra Darat, Laut dan Udara, rencana jadwal & tahapan sipencatar pola pembibitan tahun 2024, serta hal lainnya yang berkaitan dengan tatacara melaksanakan kerjasama polbit.

Najirah menyampaikan ketertarikan pada pola pembibitan, karena dinilai mampu mengakomodir kebutuhan daerah dalam pemenuhan SDM transfortasi, yang berasal dari putra putri daerah setempat, dalam hal ini yang berasal dari Kota Bontang.

“Terlebih melalui polbit ini Pemda dan stakeholder lainnya termasuk perusahaan dapat memberikan kontribusi dalam pembiayaan pendidikan taruna yang nantinya akan kembali mengabdi untuk masyarakat Kota Bontang, dengan perjanjian ikatan dinas yang mengikat,” bebernya.

Sementara Kepala BKPSDM Kota Bontang Drs. Sudi Priyanto, M.Si mengatakan bahwa pihaknya akan berkolaborasi dengan perangkat daerah terkait guna memenuhi persyaratan dalam MOU dengan menyusun dan menyampaikan :
– Peraturan Wali Kota Bontang, tentang Organisasi dan tata Kerja Dinas Perhubungan;
– Peraturan Walikota Bontang, tentang Peta Jabatan Dinas Perhubungan;
– Proyeksi kebutuhan 5 (lima) tahun jabatan yang akan diisi;
– Analisis jabatan dan Analisis Beban Kerja (Anjab dan ABK) jabatan yang akan diisi dan telah ditandatangani oelh Wali Kota Bontang selaku Pejabat Pembina Kepegawaian.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Bontang Bapak Ir. Tavip Nugroho, MT menyampaikan bahwa pihaknya akan segera memantapkan rencana kerjasama ini. Ketika kerjasama telah dimulai, kami juga akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah SLTA di Kota Bontang untuk menjaring minat siswa mengikuti seleksi Pencatar sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan.

“Dengan SDM yang kuat InsyaAllah pelayanan transfortasi kita di Kota Bontang akan semakin prima,” pungkasnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular