Senin, April 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mahfud MD Dideklarasikan Sebagai Bacawapres Ganjar, Daftar ke KPU Pada Hari Pertama

KORANUSANTARA – Gerak cepat dilakukan partai politik pendukung bakal capres Ganjar Pranowo. Jelang dibukanya pendaftaran capres-cawapres oleh KPU RI, koalisi yang diisi PDIP, PPP, Hanura, dan Periode mendeklarasikan Mahfud MD sebagai bakal cawapres. Pendeklarasian tersebut dilakukan di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu, 18 Oktober 2023.

Pengumuman Mahfud sebagai bakal cawapres Ganjar disampaikan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. “Calon wakil presiden yang dipilih oleh PDIP, yang akan mendampingi Bapak Ganjar adalah Bapak Prof Dr Mahfud MD,” ucap Megawati.

Dalam pengumuman bakal cawapres, hadir para ketua umum partai pengusung, yaitu Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono. Putra Megawati yang juga Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani turut hadir di lokasi acara. Hadir pula Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid bersama Wakil Ketua TPN Andika Perkasa, Benny Rhamdani, dan pejabat lainnya.

Selepas pengumuman disampaikan, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD lantas memasuki ruang acara di lantai lima. Ganjar terlihat mengenakan pakaian kemeja berwarna hitam dan Mahfud MD tampak mengenakan batik hijau dan berpeci hitam. Istri Ganjar, Siti Atiqoh dan istri Mahfud, Zaizatun Nihayati juga terlihat hadir di lokasi pengumunan. Mahfud juga ditemani anak serta cucunya. Ganjar dan Mahfud MD tak henti-hentinya menebar senyum saat masuk ke ruang acara.

Megawati mengatakan, dirinya sudah lama mengenal Mahfud. Dia tahu betul cara dan jalan pikiran Mahfud. Menurutnya, tokoh asal Madura itu adalah sosok intelektual yang mumpuni dan diharapkan menjadi wasit di tengah persaingan politik dalam menghadapi Pemilu 2024.

“Karena saya perhatikan pengetahuan beliau sangat cocok, sangat penuh dengan pengalaman dan pengetahuan. Sosok dengan pengalaman lengkap di lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif,” terangnya.

Selama ini, Mahfud dikenal sebagai pendekar hukum dan pembela wong cilik. Megawati mengatakan, jika muncul masalah hukum, maka semuanya tidak boleh diam. Jika semua orang diam, maka untuk apa aturan hukum dibuat. “Ayo pak, kita ngomong. Dulu saya rasanya sepi sendiri. Sekarang ada Pak Mahfud nih. Belain saya ya,” tutur Megawati.

Ganjar mengatakan, dia dan Mahfud akan berjuang bersama rakyat sebagai pasangan capres–cawapres. Pihaknya akan menunaikan amanah yang telah diberikan dengan penuh rasa tanggung jawab. Dia ingin bekerja dengan tulus dan sepenuh hati untuk seluruh rakyat Indonesia.

Menurut Ganjar, pihaknya ingin bergerak cepat sebagaimana yang dinginkan rakyat. Bukan hanya untuk maju bersama, tetapi untuk mewujudkan Indonesia unggul. “Kami ingin Indonesia unggul dengan kehidupan yang sejahtera dan bermartabat bagi rakyat,” terang Ganjar.

Mahfud mengatakan, dirinya menerima dan bersedia menjadi cawapres yang akan mendampingi Ganjar. Sebuah kehormatan dan kebanggaan baginya diberi amanah dan tanggung jawab yang besar serta mulai bersama Ganjar untuk meneruskan cita-cita Bung Karno dan para pendiri negara lainnya, untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera.

Dia dan Ganjar bersama-sama seluruh rakyat indonesia akan melanjutkan upaya mewujudkan cita-cita menuju Indonesia emas 2045. Menurutnya, cita-cita Indonesia menjadi bangsa yang maju, adil, dan beradab dalam rangka menyongsong Indonesia emas akan terwujud, jika memenuhi sejumlah syarat, yakni ideologi bangsa yang kokoh, ekonominya baik, hukum dan keadilannya ditegakkan, politiknya demokratis, budaya gotong royongnya hidup serta mengendapkan persaudaraan. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pasangan Ganjar-Mahfud akan mendaftar ke KPU RI pada Kamis, 19 Oktober 2023.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular