Sabtu, Juni 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lewat Buku, SBY Sentil Cawe-Cawe Presiden Jokowi

JAKARTA –Presiden Keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali mengutarakan pendapatnya. Kali ini, ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu menyampaikannya melalui buku. Dengan tebal 27 halaman dengan judulnya Pilpres 2024 & Cawe-Cawe Presiden Jokowi.

Buku pendapat SBY itu dibedah di kantor DPP Partai Demokrat, Senin, 26 Juni 2023. Dalam bukunya, SBY mengemukakan sejumlah isu. Mulai narasi cawe-cawe untuk kebaikan pemilu, isu keinginan Jokowi soal pilpres diikuti dua paslon, isu Jokowi tidak suka Anies Baswedan, endorsement pada capres tertentu, hingga isu Jokowi sebagai penentu pasangan capres-cawapres.

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng mengatakan, buku tersebut berangkat dari kegelisahan SBY melihat fenomena akhir-akhir ini. ’’Isu tentang cawe-cawe Jokowi dalam Pilpres 2024 nanti bisa kita jadikan pelajaran. Apa batas-batas kekuasaan itu, sehingga tidak membuat kekuasaan itu menjadi ilegal,’’ ungkapnya.

Mantan menteri pemuda dan olahraga (Menpora) itu menjelaskan, pemimpin negara demokratis harus mengetahui batasan. Karena itu, dalam UUD 1945 ada pasal impeachment (pemakzulan) yang bisa memberhentikan presiden. Regulasi itu menunjukkan bahwa presiden punya batasan tertentu.

Andi menuturkan, boleh saja Presiden Jokowi cawe-cawe dalam pilpres. Boleh juga Jokowi menginginkan Pilpres 2024 hanya diikuti dua pasang calon. ’’Tapi, tidak boleh menggunakan sumber daya negara, instrumen negara, dan fasilitas negara untuk mendukung, memastikan misinya tercapai. Ini yang berbahaya,’’ jelasnya.

Melalui buku tersebut, SBY mengajarkan kepada seluruh kader bagaimana cara mengelola kekuasaan itu sendiri. ’’Jangan sampai kita melanggar batasan itu dan membuat kita terjerumus,’’ sambungnya.

Buku itu bersampul dominan warna merah dengan tengah hitam. Di bagian atas terdapat kutipan berbahasa Inggris: ’’The President Can Do No Wrong’’. Lalu, di bagian tengah tertulis judul besar buku dan di ujung bawah ada tulisan nama Susilo B. Yudhoyono.(kn) 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular