Sabtu, April 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kalah Pilpres, Ganjar Pranowo Akan Ajukan Gugatan PHPU ke MK

JAKARTA – Calon presiden (capres) nomor urut  3, Ganjar Pranowo memastikan, akan mengajukan gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi (MK). Pernyataan itu disampaikan Ganjar usai menghadiri acara buka puasa bersama para relawan di Posko Pemenangan Ganjar-Mahfud, di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024).

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024, Ganjar-Pranowo tak menang di 38 provinsi. Sementara pasangan calon nomor urut 2 Prabowo-Gibran menang di 36 provinsi, dan pasangan calon nomor urut 1 Anies-Muhaimin unggul di dua provinsi.

“Kita udah siap. Kita udah nyiapin banyak hal ya, tim hukum kita juga sudah siap. Maka kita akan ikuti proses. Insya Allah teman-teman sudah menyiapkan dengan baik,” kata Ganjar.

Kendati demikian, Ganjar mengaku bakal menyampaikan pernyataan resmi terkait hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024 pada Kamis (21/3/2024) besok.

“Tinggal nanti timingnya kapan, waktunya kapan, respons-respons itu akan kita berikan. Besok Insya Allah jam 11.30 WIB,” ucap Ganjar.

Sebelumnya, cawapres Mahfud MD pun mengaku sudah menyiapkan tim hukum untuk menghadapi sengketa hasil Pilpres 2024 di MK. Namun, Mahfud enggan mengungkap lebih jauh persiapan gugatan sengketa hasil Pilpres ini.

“Ya sudah kita juga sudah menyiapkan. Banyak yang sudah daftar (jadi pengacara Ganjar-Mahfud) itu. Dari berbagai daerah, dari berbagai profesi pengacara,” ucap Mahfud di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2024). (JP/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular