Senin, Juli 15, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Layanan BPJS Kesehatan Akan Tetap Buka selama Libur Lebaran

JAKARTA –  BPJS Kesehatan memastikan bahwa pelayanan bagi masyarakat peserta JKN akan tetap buka selama libur lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah pada 8-15 April 2024.

Pelayanan BPJS Kesehatan selama libur lebaran akan tetap sama seperti hari-hari biasanya, baik itu melalui kantor cabang maupun secara daring.

“Saat libur lebaran, peserta JKN tetap bisa mendapat pelayanan petugas BPJS di seluruh kantor cabang terdekat atau secara daring (online). Cukup menunjukkan KTP di fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan di manapun,” kata Asisten Deputi SDM, Umum dan Komunikasi BPJS Kesehatan Angga Firdauzie, Rabu (20/3/2024) seperti dikutip dari Antara.

Selain pelayanan kesehatan, selama libur lebaran, BPJS Kesehatan juga tetap membuka pelayanan administrasi maupun pengaduan terhadap pelayanan kesehatan yang kurang baik.

“Jika peserta akan menyampaikan pengaduan serta membutuhkan pelayanan administrasi seperti mengganti fasilitas kesehatan, mendaftarkan peserta baru, melunasi tunggakan iuran dan lainnya bisa mengunjungi kantor cabang setempat pada pagi hingga tengah hari,” imbuhnya.

Angga menjelaskan bahwa pelayanan BPJS Kesehatan yang tetap buka selama libur lebaran merupakan bentuk komitmen untuk memudahkan masyarakat mendapatkan akses pelayanan kesehatan.

Komitmen tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diwujudkan dalam menjamin kemudahan pelayanan kesehatan dengan cepat dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia.

Bagi peserta yang berada di luar fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) terdaftar saat berlebaran, maka ia bisa berobat di FKTP wilayah lain maksimal tiga kali kunjungan dalam sebulan.

BPJS Kesehatan juga membuka pelayanan piket di kantor cabang mulai pukul 08.00-12.00 waktu setempat.

Tidak hanya itu, peserta JKN juga tetap bisa menggunakan fasilitas PandaWA yaitu pelayanan administrasi via WhatsApp, begitu juga dengan layanan administrasi via aplikasi Mobile JKN.

BPJS Kesehatan juga melakukan jemput bola dengan menyiapkan Posko Mudik Idul Fitri mulai 5 – 9 April 2024.

Lokasinya di titik-titik strategis saat mudik dan balik Lebaran, antara lain Pelabuhan Merak di Banten, area istirahat (rest area) Tol Cikampek KM 88A di Purwakarta, rest area Tol Palikanci KM 207A di Cirebon, rest area Tol Ungaran KM 429A di Kabupaten Semarang, Terminal Purabaya di Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno-Hatta di Kota Makassar.

Posko tersebut melayani konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi bagi pemudik, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, tindakan sederhana darurat, dan pemberian rujukan bila diperlukan. (Ant/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular