Rabu, Desember 6, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tingkatkan Produktifitas di Sektor Perikanan, Desa Ponoragan Gandeng Peran Pemuda

TENGGARONG – Desa Ponoragan, Kecamatan Loa Kulu, merupakan salah satu desa dengan potensi perikanan yang cukup menjanjikan. Bahkan Desa Ponoragan merupakan penghasil bibit ikan mas dan ikan nila terbesar di Kutai Kartanegara (Kukar).

Menjelang perpindahan Ibu Kota Nusantara (IKN), Pemerintah Desa (Pemdes) Ponoragan terus berupaya meningkatkan produktivitas perikanan. Hal ini dilakukan dengan langkah melakukan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Kepala Desa (Kades) Ponoragan, Sarmin, mengungkapkan pihaknya berupaya melibatkan pemuda dalam pengembangan sektor perikanan tersebut. Hal ini juga dilakukan agar para para pemuda mampu bersaing ketika IKN telah berpindah.

“Kami sadar kebutuhan ikan dapat meningkat drastis jika IKN berpindah nantinya. Oleh karena itu, kami ingin melibatkan pemuda dari Desa Ponoragan dalam pengembangan perikanan sejak sekarang. Agar mereka tidak hanya menjadi penonton di masa depan,” ungkap Sarmin, Sabtu (28/10/2023).

Di Desa Ponoragan, Sarmin menyebut mayoritas penduduk berprofesi sebagai petani. Dan sebagian besar penduduk masih dalam usia produktif. Dengan didorongnya sektor perikanan ini, Sarmin yakin Desa Ponoragan dapat memenuhi kebutuhan pangan. Karena setiap bulannya desa ini bisa menghasilkan puluhan jutaan ekor bibit ikan.

“Saya berharap agar petani di wilayah tersebut dapat membesarkan ikan di kolam, seperti ikan gurame, yang memiliki nilai ekonomis yang baik,” tandasnya. (Adv/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular