Senin, Mei 27, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Semua Mata Tertuju ke Mandalika, Tiket Nyaris Sold Out

KORANUSANTARA – Sirkuit Internasional Mandalika kembali menjadi perhatian dunia. Khususnya bagi pecinta balap motor. Akhir pekan ini, lintasan balap yang berlokasi di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat itu menggelar seri-15 balapan paling bergengsi di dunia: Moto3, Moto2, dan kelas para raja, MotoGP.

Persaingan gelar juara dunia MotoGP musim ini mulai mengerucut. Perebutan pemuncak klasemen terus memanas.

Rider Pramac Ducati Jorge Martin yang kini berada di peringkat kedua klasemen pebalap baru saja memperpendek gap poin atas Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo di posisi puncak. Dobel kemenangan Martin di sprint race dan balapan utama GP Jepang dua pekan lalu  membuatnya kini tinggal terpaut tiga poin dari Bagnaia. Pecco, sapaan akrab Bagnaia, masih berada di puncak dengan 319 poin. Martin menempel ketat dengan 316 angka.

”Persaingan semakin sengit. Duelku (dengan Martin) bakal semakin intens di sini. Tapi, aku datang ke balapan ini dengan mental yang sama, mencoba untuk menang, mencoba untuk menjaga momentum,” ucap Bagnaia dalam konferensi pers Jumat, 13 Oktober 2023.

Bagnaia memang sedang berada dalam tekanan berat. Momentum bisa dibilang tengah berpihak kepada Martin. Dalam empat balapan terakhir atau sejak GP Austria, 20 Agustus 2023, Martin selalu menyelesaikan balapan lebih baik dari Pecco. Jika itu berlanjut, mahkota pimpinan klasemen MotoGP berpotensi pindah tangan ke Martin setelah balapan di Mandalika ini.

Marco Bezzecchi yang kini menduduki peringkat ketiga klasemen pebalap juga tak mau kehilangan momentum dari balapan Mandalika. Minggu lalu dia menjalani operasi tulang selangka akibat terjatuh saat latihan.

Namun, anak didik Valentino Rossi di VR46 Racing Ducati itu memutuskan tetap balapan agar jarak 54 poin miliknya dengan Bagnaia tidak semakin lebar. Apalagi, setelah race di Indonesia, MotoGP tinggal menyisakan lima balapan musim ini. ”Setelah operasi, aku langsung fokus mempersiapkan kondisi menuju Indonesia. Fisioterapi intensif dan terus konsultasi dengan tim dokter,” jelas Bezzecchi seperti dikutip Crash.

Di luar pertarungan tiga pembalap teratas, pada GP Mandalika tahun ini, ikon utama tim pabrikan Repsol Honda Marc Marquez menjalani balapan pertama setelah pekan lalu diumumkan bakal pisah dengan pabrikan asal Jepang tersebut musim depan. Pada Kamis, 12 Oktober 2023, tim Gresini Racing Ducati juga telah mengonfirmasi juara dunia MotoGP enam kali itu merapat ke tim mereka musim depan.

Sementara itu, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria selaku pengelola Sirkuit Mandalika menyebutkan, diperkirakan jumlah penonton yang datang langsung ke sirkuit semakin bertambah saat sesi kualifikasi dihelat. Puncaknya akan terjadi pada hari balapan Minggu, 15 Oktober 2023. “Penjualan tiket saat ini sudah mencapai 90 persen dari 61.000 yang kami jual,” ucap Priandhi. ”Semoga bisa mencapai 100 persen. Karena pembelian di hari-hari terakhir terus bertambah dan baru ditutup besok (Sabtu, Red),” imbuhnya.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular