Selasa, Mei 28, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Puan Pertanyakan Dukungan Jokowi, Gibran Digoda Golkar

KORANUSANTARA – DPP PDI Perjuangan (PDIP) menunda pemanggilan kepada Wali Kota Solo yang juga putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, Rabu, 18 Oktober 2023, Penundaan itu dilakukan, karena partai banteng bersama partai pengusung Ganjar Pranowo harus mengumumkan nama bakal cawapres Mahfud MD.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan, pihaknya sibuk dengan deklarasi. Setelah itu, hari ini pasangan Ganjar Pranowo–Mahfud MD akan didaftarkan ke KPU, Kamis, 19 Oktober 2023. Karena kesibukan itu, pihaknya belum bisa mengundang Gibran ke kantor DPP PDIP.

Dalam deklarasi Gibran juga tidak hadir. Puan mengatakan, yang diundang dalam acara tersebut adalah para ketua umum partai politik pengusung dan para pengurusnya. Jadi, Gibran memang tidak diundang untuk hadir langsung di lokasi acara. Namun, pihaknya membuka zoom meeting untuk para kader yang ingin mengikuti deklarasi cawapres.

Setelah semua proses itu selesai, kata Puan, dia akan bertemu dengan Gibran di kantor DPP PDIP. Dia menegaskan bahwa Gibran merupakan kader PDIP, dan wali kota dari PDIP. “Jadi, saya sudah biasa ketemu sama Mas Gibran. Nanti saya akan ketemu Mas Gibran,” ungkap Ketua DPR RI Itu.

Apakah Gibran akan diajak bergabung dalam Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar – Mahfud? Puan mengatakan, nanti dia akan bertanya langsung kepada Gibran, apakah politisi muda itu mau masuk dalam tim pemenangan. “Iya atau enggaknya nanti tanya Mas Gibran. Kalau saya kan mengajak,” bebernya.

Terkait ketidakhadiran Presiden Jokowi dalam deklarasi, Puan menjelaskan bahwa Presiden Jokowi sedang melaksanakan tugas negara untuk hadir di Tiongkok, Beijing, dan akan melanjutkan lawatannya ke Riyadh.

Puan menegaskan bahwa Presiden Jokowi tentu sudah mengetahui rencana pengumuman Mahfud sebagai cawapres Ganjar. “Beliau itu kan presiden, nggak diberitahu juga tahu,” tegasnya.

 

Saat ditanya soal kepastian dukungan Presiden Jokowi kepada Ganjar–Mahfud, Puan mengatakan, pertanyaan itu seharusnya ditanyakan langsung ke Jokowi, bukan kepada dirinya. “Jadi, nanti tanya ya kalau presiden sudah pulang, mendukung Pak Ganjar Pranowo atau punya pilihan lain. Tolong ditanyakan, saya juga mau tahu jawabannya,” ucap mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu.

Sementara itu, soal penundaan pemanggilan Gibran, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, sebelum pengumuman cawapres Mahfud MD, pihaknya sudah menghubungi Gibran untuk memberitahukan bahwa pertemuan denganya ditunda, karena partai sedang sibuk melakukan deklarasi.

Soal wacana perpindahan Gibran ke Partai Golkar, Hasto menegaskan bahwa kabar itu hanya isu yang beredar. Menurutnya, semua kader selalu berdisiplin dan terikat dengan emotional bonding, karena PDIP mengedepankan semangat gotong royong, sehingga semua merasa nyaman bersama dengan partai banteng.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular