Sabtu, Juni 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PSSI Pastikan Liga 1 Tetap Berjalan saat Piala Dunia U-17 Digulirkan

KORANUSANTARA – Indonesia tengah mempersiapkan segala sesuatunya demi terselenggaranya Piala Dunia U-17 2023. Baik fasilitas pertandingan seperti stadion dan kebutuhan akomodasi lainnya. Termasuk mengatur jadwal pertandingan Liga 1. Maklum, kompetisi kasta tertinggi di Indonesia tersebut masih bergulir kendati di saat bersamaan Piala Dunia U-17 berlangsung.

Hal itu ditegaskan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Menurutnya, tidak mungkin kompetisi dihentikan karena sejak awal, Liga 1 baru akan diliburkan panjang saat tim nasional Indonesia senior mempersiapkan diri jelang Piala Asia 2023 Qatar.

’’Liga sudah memberikan kesempatan kepada timnas pada Desember. Liga berhenti mulai 20 Desember karena ada training camp di Turki selama tiga pekan sebelum Piala Asia 2023,’’ ujar Erick di Gedung Kemenpora, Jakarta, Jumat, 7 Juli 2023.

Menteri BUMN itu sudah menghitung dampak dari tidak diliburkannya Liga 1 saat Piala Dunia U-17 digelar. Keputusan itu akan berdampak terhadap klub yang stadionnya dipakai untuk persiapan Piala Dunia U-17.

Erick menjelaskan, PSSI menyiapkan delapan stadion untuk Piala Dunia U-17. Enam di antaranya adalah stadion yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20. Yaitu, Stadion Gelora Jakabaring (Palembang), Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

Selain enam stadion tersebut, PSSI menyiapkan Jakarta International Stadium (JIS). Lalu, satu stadion lagi belum disebutkan. Namun, melihat clue yang disebutkan Erick, diduga kuat satu venue tersebut adalah Stadion Pakansari (Bogor). ’’Yang satunya pasti dekat dari Jakarta. Dekat lah. Ada beberapa lapangan yang dekat Jakarta kan,’’ terangnya.

Lalu, bagaimana solusi terhadap klub yang stadionnya dipakai? ’’Kami akan memetakan lapangan-lapangan mana yang bisa mereka pakai. Contoh di Surabaya. Kalau Gelora Bung Tomo sedang dipakai, ada beberapa opsi lapangan di sana. Di Jawa Barat pun begitu. Di Jakarta pun begitu,’’ tegas Erick. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular