Senin, Februari 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Buka IBL 2024, Satria Muda “Gebrak” Borneo Hornbills 94-27

JAKARTA – Satria Muda Pertamina membuka Indonesian Basketball League 2024 (IBL) dengan manis setelah meraih kemenangan 94-72 atas Borneo Hornbills di Hall Basket Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (13/1/2024).

Bermain di kandang, Satria Muda langsung menggebrak di awal pertandingan dengan Curtis Lee Davis dengan mencetak 13 poin. Di awal kuarter, pebasket asal Amerika Serikat itu langsung unjuk gigi dengan tembakan 3 poin yang membuat timnya unggul 3-0.

Tak cukup satu, Curtis kembali menunjukkan kepiawaian dalam mencetak tiga angka dimana tembakannya itu membawa Satria Muda unggul 11-5. Rekannya Abraham Damar Grahita ikut unjuk skill dengan tembakan 3 poin membawa juara 12 kali IBL tersebut unggul 14 poin untuk membuat skor 19-5.

Borneo Hornbills sebagai tim tamu lalu mendekat saat tembakan 3 poin Najeal Jewone Young membuat skor berubah 13-19. Borneo Hornbills semakin percaya diri. Agam Sebastian mencetak 2 poin untuk membuat timnya semakin mendekat 23-24.

Namun, poin itu menjadi yang terakhir untuk Borneo Hornbills di kuarter pertama setelah Satria Muda kembali menjauhkan diri sekaligus menutup kuarter dengan skor 31-23.

Di kuarter kedua, Satria Muda berhasil menjaga jarak poin dari Borneo Hornbills. Abraham Damar dan Jarred Dwayne Shaw menjadi bintang di kuarter kedua dengan tambahan masing-masing 5 poin dan 7 poin.

Sementara pada kuarter ini, Borneo Hornbills hanya sanggup mencetak 13 poin dan menutup kuarter kedua dengan ketertinggalan semakin jauh setelah lay up Mycheal Gerome Henry membuat Satria Muda menutup kuarter 48-36.

Memasuki kuarter ketiga, Satria Muda mengawali dengan baik dimana anak-anak asuh Manuel Pena Garces itu dengan leluasa mencetak poin demi poin. Puncaknya, jump shot Jarred Dwayne Shaw membuat Satria Muda unggul 21 poin saat skor menunjukkan 65-44.

Tim tuan rumah lalu mengganti sebagian besar pemain-pemain intinya. Hal ini pun dimanfaatkan oleh Borneo Hornbills dengan mencetak 15 poin beruntun untuk memangkas jarak poin menjadi 59-65 saat kuarter ketiga menyisakan setengah menit.

Namun, asa tim asuhan Tondi Raja Syailendra itu untuk semakin mendekat pupus ketika Abraham Damar menutup kuarter ketiga dengan 3 poinnya dan skor berubah menjadi 68-59.

Kuarter terakhir masih menjadi milik Satria Muda dimana tembakan 3 poin Ali Bagir Alhadar kembali membuat tim milik Baim Wong itu unggul 21 poin saat skor 92-71 di satu setengah menit tersisa, sebelum kemudian dua kali free throw Dame Diagne membuat timnya unggul 23 poin atau yang terbesar pada laga ini.

Borneo Hornbills sempat memperkecil satu poin melalui free throw Jamar Andre Johnson. Namun, hal itu tak cukup menghindarkan mereka dari kekalahan.

Satria Muda pun menutup pertandingan pertama IBL 2024 dengan 94-72. Curtis Lee Davis menjadi pemain terbaik pada laga ini dengan 22 poin, 5 rebound, dan 6 assists, disusul Jarred Dwayne Shaw dengan 18 poin, 6 rebound, dan 1 assist, dan juga Abraham Damar dengan 16 poin, 4 rebound, dan 1 assist.

Sementara dari Borneo Hornbills, pencetak poin terbanyak ada pada diri Najeal Jewone Young dengan 24 poin, 11 rebound, dan 2 assists, diikuti Agam Subastian dengan 14 poin, 1 rebound, dan 1 assist, dan juga Muhammad Rizky Ari Daffa dengan 10 poin dan 2 rebounds.

Besok Minggu (14/1), kedua tim akan kembali bermain dimana Satria Muda akan melawan Dewa United dan Borneo Hornbills akan melawan Hawks. (Ant/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular