Minggu, Juni 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pj Bupati PPU Siap Fasilitasi Peserta Latsitardanus 2024 Selama di Benuo Taka

PPU – Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun menyampaikan kesiapan Pemkab PPU menjadi salah satu wilayah di Kaltim untuk pelaksanaan Latihan Intergrasi dan Kemitraan Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) 2024. Sejalan dengan persiapan penyediaan fasilitas hingga ke pemerintahan kelurahan/desa.

Perihal ini dikatakan Makmur Marbun saat menghadiri upacara penyambutan lebih kurang 1.840 taruna Akademi TNI, Akpol, Praja IPDN, PSSN dan Kadet Unhan pada Latsitardanus XLIV 2024 di Kaltim. Upacara ini di gelar di Pelabuhan Semayang Balikpapan, dipimpin langsung oleh Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, Jumat (3/5/2024) pagi.

“Terkait kegiatan ini pemda PPU jauh-jauh hari telah melakukan persiapan. Kami bersama jajaran Forkopimda kabupaten PPU tentunya telah menyiapkan segala sesuatunya yang dibutuhkan dalam kegiatan ini. Jadi kalau ditanya kesiapannya, kami di PPU sudah sangat siap,” katanya.

Makmur mengungkapkan bahwa tekait kesiapan ini dirinya juga telah memerintahkan kepada seluruh instansi terkait di Kabupaten PPU untuk keterlibatannya dalam kegiatan dimaksud. Mulai dari penyediaan fasilitas tempat hingga ke urusan kesehatan.

”Salah satunya untuk pelayanan kesehatan misalnya kami telah menyiapkan RSUD dan sejumlah puskesmas di daerah dengan fasilitas penunjang di dalamnya mulai ambulans dan tenaga medis di sana. Begitu juga kebutuhan dalam bidang lainnya juga kami siapkan sesuai kemampuan kami,” jelasnya.

Kegiatan latihan ini akan dimulai pada 5 Mei – 6 Juni 2024 mendatang di lima kabupaten/kota di Kaltim yaitu Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara (Kukar), PPU, dan Paser. Latsitardanus merupakan kegiatan rutin yang diikuti taruna akademi tingkat akhir sebelum akhirnya mereka dinyatakan lulus dan dilantik sebagai perwira TNI dan Polri oleh Presiden RI.

Sementara itu, Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik saat memimpin upacara ini menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh Taruna dan Taruni yang mengikuti kegiatan Latsitardanus ini.

“Untuk seluruh Taruna dan Taruni manfaatkan momen baik ini untuk dapat menimba ilmu dan mendapatkan pengalaman yang sebaik-baiknya untuk bekal dikemudian hari,” ucapnya.

Dalam upacara ini meski diguyur hujan pada pagi hari tadi, namun semangat Taruna dan Taruni tak kendur untuk mengikuti kegiatan perdana di Provinsi Kaltim ini.

“Saya berpesan agar tetap jaga soliditas dan sinergitas untuk kemajuan negara, selamat berlatih di Provinsi Kalimantan Timur karena ada mitos di sini bahwa setelah meminum air Mahakam, suatu saat kalian akan balik lagi ke sini. Maka dari itu jaga baik nama diri dan akademi kalian di Bumi Etam Kalimantan Timur,” tutup Akmal. (ADV/ProkopimPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular