Sabtu, April 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Penambahan Sumur Bor Menyusul Keberhasilan Program TMAB 2024 di Kutai Kartanegara

TENGGARONG – Upaya Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dalam meningkatkan akses air bersih untuk pertanian terus berlanjut. Sebanyak 4 titik sumur bor telah berhasil diselesaikan dalam program TNI Manunggal Air Bersih (TMAB) tahun 2024, kolaborasi antara Pemkab Kukar dan Kodim 0906/Kukar.

Dengan total 89 titik sumur bor dalam rencana awal, Sekretaris Kabupaten Kukar, Sunggono, mengindikasikan kemungkinan penambahan titik sumur bor, mempertimbangkan kebutuhan petani di 5 kawasan pengembangan pertanian di Kukar.

“Sesuai arahan Bupati Kukar, kemungkinan akan ditambahkan lagi di luar 89 titik berdasarkan kebutuhan petani,” ungkap Sunggono, menyoroti manfaat besar yang dirasakan oleh petani di wilayah tersebut.

Pentingnya proyek ini juga mendapat perhatian dari Penjabat Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, yang mengumumkan rencana pembangunan 3 titik sumur bor baru di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, sebagai bagian dari perluasan sistem pengairan. Dengan 4 titik sumur bor yang sudah terbangun, proyek ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap sektor pertanian di Kukar.

Sebelumnya, peluncuran resmi 89 titik sumur bor dilakukan saat kunjungan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) TNI, Jenderal Maruli Simanjuntak, di Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, pada tanggal 20 Februari 2024. “Kita memiliki 5 Kawasan Pengembangan Pertanian Terpadu dengan luasan total mencapai 7.628,77 hektare, dengan adanya sumur bor ini, semakin memperkuat infrastruktur pengairan untuk mendukung pertanian produktif,” pungkasnya. (adv)

Pewarta : Hanafi
Editor :

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular