Selasa, Juli 23, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Kutai Kartanegara Salurkan Belasan Ton Beras ke Desa-Desa Rawan Pangan

KUTAI KARTANEGARA – Sebagai wujud implementasi program Bantuan Beras (BABE) pada program Dedikasi Kukar Idaman melalui Rumah Besar Penanggulangan Kemiskinan (RBPK) Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar), Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) telah menyalurkan 6.060 Kg beras cadangan pangan pemerintah ke tujuh desa rawan pangan di dua kecamatan. Yakni Muara Wis dan Kota Bangun, Senin (6/3/2023).

“Alhamdulillah, DKP melalui program BABE Idaman telah menyalurkan 6.060 Kg beras cadangan pangan pemerintah kepada 7 desa di dua kecamatan Kukar yakni Muara Wis dan Kota Bangun,” kata Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Evi Violindha.

Disebutkan Evi, penyaluran di dua kecamatan yang meliputi 7 desa tersebut yakni pada kecamayan Muara Wis di Desa Melintang Sebanyak 1.460 kg, Enggelam sebanyak 720 kg, Muara Enggelam sebanyak 880 Kg.

Sementara itu di Kecamatan Kota Bangun meliputi Desa Benua Baru Sebanyak 280 kg, Wonosari sebanyak 800 kg, Pela sebanyak 480 kg dan Desa Kota Bangun seberang sebanyak 1.440 kg.

Tidak hanya itu cadangan beras pemerintah juga telah disalurkan di Muara Badak sebanyak 4.440 kg untuk 3 desa di muara badak yaitu Desa Sallo Cella sebanyak 2.120 kg, Sungai Bawang sebanyak 600 kg, Desa Suka Damai sebanyak 1.680 kg.

“Sampai saat ini dinas ketahanan pangan sudah menyalurkan beras cadangan pangan Pemerintah melalui program BABE IDAMAN pada Rumah Besar Penanggulan Kemiskinan sebanyak 13.800 kg atau 13,8 Ton,” ujar Evi.

Hal tersebut lanjut Evi merupakan bagian dari intervensi pengentasan kemiskinan dan menekan inflasi tahun 2023.

“Bantuan beras dengan kriteria penerima Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). Dari 60 ton bantuan beras baru sekitar 23 persen yang sudah tersalurkan dan sisanya masih dalam proses pendistribusian ke masyarakat penerima bantuan,” demikian jelas Evi Violindha. (kn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular