Sabtu, Juni 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemerintah Kanada Kirim Tim Selidiki Ledakan Titan

OTTAWA – Pemerintah Kanada mengirim tim untuk menyelidiki ledakan kapal selam wisata Titan. Penyelidikan dimulai Sabtu, 24 Juni 2023 oleh Dewan Keselamatan Transportasi (TSB). Mereka menerjukan petugas ke kapal Polar Prince yang berlabuh di Pelabuhan St John’s, Newfoundland.

Polar Prince adalah kapal pendukung Titan. Kapal itulah yang membawa Titan menuju titik penyelaman di Atlantik Utara pada Minggu, 18 Juni 2023. Kapal tersebut berlabuh di St John’s pukul 08.00 waktu setempat. Beberapa awak kapal diminta turun. Lalu, penyelidik naik ke atas kapal bersama anggota tim pendukung dan beberapa keluarga korban.

’’Mandat kami adalah mencari tahu apa yang terjadi dan mengapa itu bisa terjadi, serta apa yang perlu diubah untuk mengurangi kemungkinan atau risiko kejadian seperti itu di masa depan. Kami tahu semua orang menginginkan jawaban, terutama keluarga dan publik,’’ ujar Ketua TSB Kathy Fox, seperti dikutip Agence France-Presse.

 

Fox mengungkapkan, penyelidikan bisa memakan waktu 18 bulan hingga 2 tahun. Salah satu yang diselidiki adalah material lapisan luar Titan. Ketika kapal selam milik OceanGate itu menghilang, material pembuatnya memang jadi sorotan. Sebab, beberapa mantan pegawai pernah memperingatkan tentang kemungkinan bahayanya.

TSB memang rutin menyelidiki kecelakaan udara, kereta api, dan jaringan pipa dengan tujuan meningkatkan keselamatan transportasi. Hasil penyelidikan itu tidak untuk menetapkan kesalahan atau menentukan siapa yang bertanggung jawab secara perdata atau pidana.

Sementara itu, Kepolisian Kanada (RCMP) juga menyelidiki apakah ada hukum pidana yang dilanggar dalam rangkaian peristiwa yang memicu kematian lima orang penting di kapal Titan. Yakni, pebisnis Pakistan Shahzada Dawood dan putranya, Suleman, pebisnis dan penjelajah Inggris Hamish Harding, CEO OceanGate Stockton Rush, serta mantan penyelam angkatan laut Prancis sekaligus pakar bangkai kapal Titanic Paul-Henry Nargeolet.

Inspektur Newfoundland dan Labrador Kent Osmond mengungkapkan, tugas penyelidik adalah menentukan apakah penyelidikan penuh oleh RCMP diperlukan atau tidak. ’’Investigasi itu akan dilanjutkan hanya jika pemeriksaan menunjukkan bahwa undang-undang pidana federal atau provinsi mungkin telah dilanggar,’’ ucapnya. (kn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular