Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pelayanan Tidak Optimal di Dermaga Sidayang, DPRD Akan Panggil Dishub Berau

TANJUNG REDEB – Unit Pelaksana Teknis Dinas Perhubungan (Dishub) di Dermaga Sidayang Kampung Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan, mendapat keluhan dari sebagian pengguna motoris. Keluhan tersebut terkait pelayanan yang dinilai belum optimal.

Pihak UPTD Dishub di Dermaga Sidayang saat ini hanya melakukan pemungutan retribusi tanpa memberikan pengaturan terhadap speedboat yang bersandar di pelabuhan tersebut.

Keluhan ini berdasarkan laporan yang diterima langsung Ketua Komisi III DPRD Berau, Sa’ga.
“Saya menerima pesan WhatsApp dari para pengguna motoris di sana,” ungkap Saga.

Dikatakannya, para pengguna motoris tidak keberatan dengan pungutan yang dikenakan oleh pihak UPTD Dishub. Namun, mereka juga meminta agar ada petugas yang bertugas mengatur speedboat yang bersandar secara bergantian di dermaga.

Lebih lanjut, Sa’ga mencatat bahwa pihak UPTD Dishub cenderung hanya memperhatikan speedboat besar, sedangkan speedboat kecil yang bersandar di dermaga terkesan diabaikan. Akibatnya, beberapa waktu lalu, terjadi perselisihan antara pengguna motoris speedboat besar dan kecil.

“Jika pengguna motoris speedboat besar dan kecil saling menegur, bisa terjadi kesalahpahaman. Oleh karena itu, kami berharap petugas UPTD Dishub di Dermaga Sidayang dapat bekerja sesuai harapan masyarakat. Mereka harus dapat mengatur tambatan dan retribusi dengan baik,” ungkap Sa’ga.

Politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut menegaskan pentingnya agar petugas tidak membedakan perlakuan, baik terhadap speedboat besar maupun kecil.

“Pengguna motoris tidak keberatan membayar retribusi, tetapi kami meminta agar tidak ada pembiaran terhadap speedboat yang bersandar,” tegasnya.

Sa’ga berharap Dishub Berau dapat memberikan perhatian khusus terhadap situasi ini. Tujuannya adalah agar proses pergantian tambatan speedboat dapat berjalan dengan baik tanpa menimbulkan masalah di masa mendatang.

“Dishub Berau adalah mitra kerja kami di Komisi III DPRD Berau, dan kami memiliki peran untuk mengevaluasi apakah ada permasalahan. Kami tidak ingin situasi seperti ini berlanjut. Oleh karena itu, kami akan memanggil pihak Dishub dan mengadakan rapat terkait masalah ini,” pungkasnya. (ADV/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular