Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ngopi Bareng Ganjar, Mahfud Tegaskan Tidak Bicara Pilpres

KORANUSANTARA – Bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo belum lama ini mengunggah foto ngopi bareng Menko Polhukam Mahfud MD. Munculnya foto itu diikuti kabar bahwa Ganjar akan menggandeng Mahfud menjadi bacawapres.

Seusai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Senin, 11 September 2023, Mahfud memberi keterangan terkait foto itu. Menurut, pertemuan dengan Ganjar diisi obrolan ringan. Tidak ada pembahasan soal cawapres. “Kami tahu bahwa keputusan ada di pimpinan partai dan pemimpin partai sudah punya pertimbangan,” katanya.

Pertemuan dengan Ganjar membuatnya bernostalgia. Terutama saat dirinya menjadi anggota DPR. Mahfud menjelaskan, saat di DPR, keduanya kerap berdiskusi tentang pemberantasan korupsi. Dia enggan menyebut di mana pertemuan itu dilakukan. “Kami kemarin bicara saja bagaimana Indonesia yang baik. Bukan yang terbaik bagi orang yang ingin, tapi yang terbaik bagi Indonesia,” ungkapnya.

Dia menegaskan bahwa pertemuan dengan Ganjar sudah sering dilakukan. Namun, karena sedang situasi politik, maka pertemuan itu dijadikan berita. Mahfud juga menyebut sering bertemu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. “Tapi tidak bicara soal pilpres lah,” ujarnya. Yang dibicarakan terkait dengan masalah konstitusi, ideologi, dan terakhir terkait mahasiswa ikatan dinas yang dulu disekolahkan Bung Karno dan tidak bisa pulang ke Indonesia.

Mahfud juga mengomentari rencana KPU memajukan jadwal pendaftaran capres-cawapres. Dia menyebutkan, kalau jadwal tidak dimajukan, akan memengaruhi tahapan pemilu. Alasannya, kampanye harus selesai tiga hari sebelum pemungutan suara dan logistik harus selesai dicetak beberapa hari sebelumnya. Jika pendaftaran tidak dimajukan, maka dapat mengganggu pemilu. “Ada undang-undangnya, nah kalau di UU menggunakan jadwal sesuai pasal 276 itu (waktunya) tidak terkejar,” ucapnya. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular