Senin, Mei 27, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Muncul Wacana Prabowo-Ganjar, Puan: Lihat Dinamika Politik Sebulan ke Depan

KORANUSANTARA –Peluang duet Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo menjadi perhatian partai politik. PDI Perjuangan (PDIP) masih menunggu dinamika politik sebulan ke depan untuk memutuskan langkah dalam menghadapi Pilpres 2024.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan, dirinya belum bisa menjawab peluang duet Prabowo – Ganjar. Pihaknya masih akan melihat dinamika politik selama sebulan ke depan. Sebab, kondisi politik menjelang pilpres sangat dinamis.  “Kita lihat bagaimana dinamikanya sebulan ke depan,” terang Puan usai rapat paripurna di kompleks parlemen, Senayan, Kamis, 21 September 2023.

Ketua DPR RI itu mengatakan, setiap partai memiliki kalkulasi dalam memutuskan langkah politik. Begitu juga PDIP dan partai politik pendukung Ganjar. Semua partai pasti akan melakukan perhitungan politik dalam menghadapi pesta demokrasi. Apakah PDIP rela jika Ganjar menjadi cawapres Prabowo? Puan menegaskan bahwa dirinya belum bisa menjawabnya. Partainya masih akan menunggu perkembangan politik menjelang pendaftaran capres – cawapres ke KPU.

Yang jelas, kata Puan, dirinya terus melakukan komunikasi dengan partai lain, di antaranya dengan Partai Gerindra dan Partai Golkar. Bahkan, ketika memimpin rapat paripurna, dia berkomunikasi dengan Sufmi Dasco Ahmad yang merupakan ketua harian Partai Gerindra dan Lodewijk F Paulus yang menjabat sebagai sekjen Partai Golkar. Baik Dasco dan Lodewijk adalah wakil ketua DPR RI.

Puan juga mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan bertemu dengan Prabowo. Dia menambahkan bahwa diri beberapakali bertemu dengan Prabowo. “Kemarin saya bertemu (Prabowo) di acara NU,” tandasnya.
Bakal capres Ganjar Pranowo mengatakan, peluang duet dirinya dengan Prabowo bisa saja terjadi sebelum pendaftaran capres-cawapres dibuka oleh KPU RI. Ganjar mengatakan, semua peluang bisa terjadi dalam politik sebelum ada penetapan dari KPU. “Kalau politik itu sebelum nanti ditetapkan di KPU semua peluang bisa terjadi,” papar Ganjar.

Apalagi sampai saat ini, partai politik pengusung dan pendukung Ganjar, yaitu PDIP, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo belum memutuskan bakal cawapres Ganjar. Sejumlah nama masuk dalam bursa cawapres, diantaranya, Mahfud MD dan Sandiaga Uno.

Terpisah, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, kondisi politik sangat dinamis. Menjelang pendaftaran ke KPU, masih banyak hal yang mungkin akan terjadi. “Politik kan dinamis. Semuanya masih mungkin terjadi,” ujarnya. Saat ini, kata Dasco, Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri dari Partai Gerindra, PAN, Partai Golkar, dan PBB sedang fokus menyusun program kerja bersama dalam menghadapi Pilpres 2024. “Jadi kami belum kepikiran sampai situ,” pungkasnya.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular