Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KPU Jajaki Sejumlah Nama untuk Panelis Debat Pertama

KORANUSANTARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI terus mempersiapkan tahapan Pemilu Serentak 2024. Salah satunya debat calon presiden dan calon wakil presiden yang sesi pertama diagendakan berlangsung Selasa, 17 Desember 2023.

Setelah rapat koordinasi dengan masing-masing tim sukses pasangan calon, KPU tengah menyusun komposisi panelis untuk mengorek visi-misi dan gagasan para kandidat. Belum pastinya nama-nama panelis disebut Komisioner KPU RI August Mellaz disebabkan perubahan tema debat. Berdasar rapat koordinasi terakhir, ada sejumlah tema yang bergeser pada debat pertama.

Situasi itu membuat KPU harus memastikan ulang. Di sisi lain, KPU juga masih melakukan penjajakan terhadap nama-nama yang masuk radar untuk diminta kesediaannya.

”Jadi, ini urusannya di kontak, kesediaan, terus nanti ada bagian komitmen waktu segala macam,’’ ujarnya seusai rapat persiapan debat di Kantor KPU RI Jakarta, Jumat, 8 Desember 2023.

Disinggung soal upaya mengantisipasi kebocoran atau potensi pelanggaran lainnya, Mellaz menyebut KPU akan berupaya mencegah. Salah satunya, diwajibkannya penandatanganan pakta integritas oleh para panelis.

Selain itu, ada juga masa karantina yang akan dilalui para panelis. Di masa karantina tersebut, KPU akan melakukan brifing menyangkut apa-apa saja yang diperlukan.

Dalam kesempatan itu, Mellaz juga mengomentari usulan tim paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang meminta tidak ada aksi saling sanggah. Dia enggan masuk dalam diksi tersebut.

Yang jelas, KPU memastikan dalam proses jalannya debat akan ada pendalaman terhadap visi atau jawaban dari calon. ”Kan mereka bisa saling merespons satu sama lain. Apakah itu namanya sanggah-sanggahan,’’ tuturnya. Hanya, Agus menyebut baru mendengar usulan tersebut dari pernyataan di media. Dalam rapat-rapat resmi, tidak ada usulan terkait hal itu. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular