Senin, Mei 27, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kompak Pakai Batik, Titip Pesan Agar Presiden Netral

KORANUSANTARA – Suasana tak biasa tersaji di Istana Merdeka. Senin, 30 Oktober 2023, untuk kali pertama, tiga bakal calon presiden, duduk satu meja. Menyantap makan siang dari tuan rumah, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto kompak mengenakan batik saat menyambangi Jokowi.  Ruang makan di Istana Merdeka menjadi saksi pertemuan tiga bacapres dengan Jokowi. Anies datang paling awal. Lalu disusul Ganjar dan Prabowo. Setelah memberikan pengarahan kepada kepala daerah seluruh Indonesia, Jokowi menemui tiga tamunya.

Beragam menu disajikan di meja makan bundar di Istana Merdeka. Ada soto lamongan, ayam kodok, sapi lada hitam, bebek pangan, cumi goreng, udang goreng telur asin, kailan cah sapi, dan es laksamana. Sebelum jamuan dimulai, awak media diizinkan memotret mereka. Saat itu suasana terlihat akrab. Jokowi mempersilakan tamunya mencicipi hidangan.

”Kelihatannya pada seger-seger. Sudah keliling ke mana saja, kelihatannya kok ada yang tambah gemuk, ada yang tambah kurus,” kata Ganjar menirukan ucapan Jokowi setelah makan siang. Ganjar mengaku makan banyak. Sedangkan Prabowo, menurut Ganjar,  hanya makan lontong.

Dikonfirmasi terkait kompaknya ketiga bacapres mengenakan batik, Ganjar menyebut hanya kebetulan. ”Tidak janjian,” ucapnya sambil melirik Prabowo dan Anies. Menurutnya, hal itu merupakan bukti bahwa tiga bacapres sama-sama cinta produk Indonesia.

Batik parang yang merupakan salah satu motif tertua di Indonesia. Motif batik satu ini memiliki makna tentang nilai dan petuah agar manusia tidak mudah menyerah terhadap segala yang terjadi pada kehidupan.

Dari pertemuan itu, Ganjar menilai bahwa Jokowi mencoba untuk selalu bisa berkomunikasi dengan baik. Dia sempat memuji Jokowi sebagai orang baik. ”Insya Allah akan mendukung sistem demokrasi yang baik dan mudah-mudahkan apa yang disampaikan beliau bisa dilaksanakan,” ujarnya.

Sementara itu, Anies menyebut jika batik motif parang yang dia kenakan bukan baju baru. “Saya penggemar batik dari yang usianya cukup lama,” katanya. Anies menyampaikan, banyak masyarakat Indonesia yang menyayangi Presiden Jokowi. ”Mereka yang sayang ini menitipkan pesan untuk Bapak Presiden agar bisa menjaga netralitas,” katanya. ”Seluruh aparat juga agar menjaga netralitas dalam pilpres dan pemilu,” lanjutnya.

Menurut Anies, pesan itu direspons positif oleh Jokowi. Menurut Anies, Jokowi berjanji mengumpulkan para pejabat, mulai gubernur hingga bupati, serta para petinggi TNI dan polisi. Dalam pertemuan itulah Jokowi akan meminta aparat negara bisa menjaga netralitas.

Pada kesempatan yang sama, Prabowo mengucapkan terima kasih kepada Jokowi atas undangan makan siang tersebut. ”Kalau enggak diundang,  kita jarang bisa kumpul ya,” ujar Prabowo. Menteri Pertahanan itu menyatakan bahwa semua pihak ingin pemilu berjalan lancar. ”Saya kira semua berharap seperti itu,” ujarnya.

Pada acara dengan pemimpin daerah, Jokowi sempat menyinggung peran kepala daerah di tahun politik 2024. Menurutnya, kepala daerah harus memberi dukungan kepada KPUD dan Bawaslu tanpa melakukan intervensi. “Saya minta jangan sampai memihak. Mudah sekali kelihatan bapak ibu memihak atau tidak,” ungkapnya. Dia ingin memastikan ASN netral. Jika ada pergolakan di masyarakat, Jokowi minta agar pemerintah daerah segera menyelesaikan. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular