Minggu, Juli 14, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kepastian Gibran sebagai Bacawapres Prabowo Ditentukan Jumat Malam

KORANUSANTARA – Penentuan pendamping Prabowo Subianto hanya menunggu waktu. Itu setelah Koalisi Indonesia Maju (KIM) berencana menggelar rapat yang dihadiri para ketua umum anggota koalisi, Jumat malam, 13 Oktober 2023.

Seperti diketahui, sejumlah nama digadang-gadang sebagai bakal cawapres. Dari Golkar dengan Airlangga Hartarto, PBB dengan Yusril Ihza Mahendra, PAN yang mengusung Erick Thohir, serta Gibran Rakabuming Raka, wali kota Solo.

Nama terakhir menyita perhatian. Lebih-lebih, sehari sebelum rapat, Prabowo Subianto menerima kunjungan Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangerap yang notabene adik Gibran di Kertanegara, Jakarta, Kamis malam, 12 Oktober 2023.

Keputusan soal cawapres, dikatakan Prabowo akan dibicarakan bersama partai koalisi. Termasuk dalam menyikapi nama Gibran, Prabowo akan membawanya ke rapat antar ketua umum KIM.

Apakah PSI dilibatkan? Prabowo menyebut, pembicaraan terbatas pada partai yang sudah deklarasi mendukungnya. “PSI resminya belum masuk koalisi,” ujarnya. Dalam pertemuan dengan PSI, Prabowo secara terbuka berharap dukungan. “Insyaallah kita berharap akan gabung,” kata Prabowo.

Meski belum ada kesepakatan, pertemuan Prabowo-Kaesang memberi sinyal positif untuk keduanya. Tiba di lokasi pukul 17.00 WIB, Kaesang bersalaman dan mencium tangan Prabowo. Tak hanya itu, putra bungsu Presiden Jokowi itu juga mengenakan kaos bergambar Prabowo. Prabowo menerangkan, dari sisi substansi, dia dan PSI menemukan kesamaan. “Ada kesamaan visi, kita menghendaki suatu politik dan gaya demokrasi yang sejuk,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep belum bisa memberikan kepastian soal dukungan partainya dalam pilpres. Dia beralasan, masih ada hal yang dipertimbangkan. “Kalau untuk bentuk dukungan, sabar, jawabannya sabar. Itu kan rahasia,” kata dia.

Adapun soal kostumnya yang memperlihatkan gambar Prabowo, Kaesang menganggap sebagai ekspresi. Sebab, dirinya suka dengan Prabowo. “Ya saya kan ngefans,” kata Kaesang, disambut riuh.

Sebelum ke Prabowo, Kaesang pekan lalu menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Suami Erina Gudono itu menyebut, tidak ada beda pertemuannya dengan Puan Maharani dan Prabowo. Semua sama-sama ingin Indonesia maju.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular