Selasa, Juni 18, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ke Pasar Merdeka, Presiden: Saya Senang Harga-Harga Terkendali

KORANUSANTARA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali berkunjung ke Kaltim. Pasar Merdeka di Samarinda menjadi lokasi pertama yang dikunjungi. Rencananya, Presiden dan rombongan akan berada di Kaltim selama tiga hari (21-23 September 2023).

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi, Gubernur Kaltim Isran Noor, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto, Wali Kota Samarinda Andi Harun dan jajaran FKPD Kaltim.

Setibanya di Pasar Merdeka, orang nomor satu di republik ini pun langsung menyapa ratusan warga yang sudah lama menunggu di sepanjang jalan dan sekitar pasar.  Kedatangan Presiden Jokowi dan Gubernur Isran Noor disambut Wali Kota Samarinda Andi Harun.

Selepas menyapa warga dan meninjau kondisi serta pedagang Pasar Merdeka, Presiden mengaku bangga dengan model transaksi yang dilakukan pedagang dan masyarakat dengan cara nontunai. Dan lebih membahagiakan lagi, ternyata harga-harga komoditas strategis sudah stabil sebab terjadi penurunan harga. “Saya senang harga-harga terkendali baik. Bahkan cabai harganya sudah turun, bawang merah, juga bawang putih turun,” ungkapnya.

Namun diakuinya, harga beras belum turun dan intervensi pemerintah melalui operasi pasar akan dilakukan Bulog. “Problemnya pasokan petani kurang karena dampak El Nino di tujuh provinsi. Pemerintah memperbesar cadangan strategis lewat impor guna menutup kekurangan produksi beras,” tegasnya.

Setelah meninjau Pasar Merdeka, Presiden Jokowi langsung menuju helipad GOR Kadrie Oening, Sempaja menuju Persemaian Mentawir di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular