Sabtu, Mei 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jokowi dan Prabowo Mesra Makan Bakso Bareng Rombongan Artis di Magelang

MAGELANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto, mengunjungi Pasar Desa Bandongan, Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024). Kunjungan Jokowi dan Prabowo ini untuk makan bakso di Warung Bakso Pak Soleh Bandongan.

Berdasarkan pantauan media, Jokowi dan Prabowo tiba di Pasar Desa Bandongan pukul 13.00 WIB. Jokowi dan Prabowo sama-sama turun dari mobil kepresidenan-1.

Jokowi dan Prabowo langsung menuju ke warung bakso sederhana dan duduk di satu meja yang sama. Masyarakat pun langsung antusias menyambut kedatangan Jokowi dan Prabowo.

“Pak Jokowi, Pak Prabowo,” teriak masyarakat yang ada di pasar.

Jokowi dan Prabowo tampak saling berbincang santai sambil menikmati bakso dan minuman yang dipesan. Usai makan bakso, Jokowi dan Prabowo menyapa serta berfoto bersama masyarakat.

Sejumlah artis dan influencer ternama Indonesia ikut mendampingi Jokowi dan Prabowo makan bakso. Mereka antara lain, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Deddy Corbuzier, Ria Ricis, hingga Tarra Budiman.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan gedung Graha Utama Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024). Jokowi didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto.

Jokowi tiba di Graha Utama Akmil Magelang pukul 11.03 WIB. Kedatangan Jokowi langsung disambut oleh Prabowo. Keduanya sempat berbincang-bincang sebelum tiba di halaman gedung.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirahim, pada siang hari ini saya resmikan Graha Utama Akademi Militer Magelang di Provinsi Jawa Tengah,” kata Jokowi saat menyampaikan sambutan.

Jokowi mengatakan gedung baru Akmil Magelang ini memiliki luas 8.068 meter persegi dan bisa dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan akademis serta acara militer. Jokowi berharap sarana dan prasarana baru ini dapat mendorong para calon taruna-taruna muda untuk belajar.

“Sarana dan prasarana pendidikan di Akmil akan semakin lengkap, semakin canggih dan semakin modern dan Graha Utama ini bisa dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan akademis dan acara-acara militer,” jelas Jokowi.

Jokowi meminta Akmil harus mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi. “Akademi militer juga sama, harus mampu dan mau menyesuaikan beradaptasi dengan disrupsi, dengan perubahan teknologi,” kata Jokowi.

Jokowi menyebut, landskap ekonomi maupun politik global saat ini sudah berubah. Hal itu menyebabkan disrupsi melanda ke semua negara.

“Perubahan teknologi juga sekarang muncul di setiap saat dan berubah-berubah begitu sangat cepatnya,” ujar Jokowi.

Atas hal itu, Jokowi menyebut, pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) sangat diperlukan di militer.

“Karena kalau kita lihat sekarang ini yang namanya kapal tanpa awak sudah sangat biasa. Pesawat besar tanpa awak juga biasa. Mobil tanpa awak di mana-mana. Drone yang dipersenjatai dengan face recognition bisa mengejar sasaran tepat, akurat,” pungkasnya.

Sejumlah purnawirawan Jenderal TNI ikut diundang dalam peresmian Graha Utama Akademi Militer Magelang, Senin (29/1/2024). Gedung ini diresmikan oleh Presiden Jokowi yang didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Terlihat hadir dalam peresmian ini Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Dia tampak mengenakan jas biru dongker dengan baret merah Kopassus di kepalanya.

Luhut berdiri sebaris dengan tokoh sepuh TNI, seperti Wapres ke-6 RI Jenderal (Purn) Try Soetrisno beserta tiga mantan Danjen Kopassus Jenderal (Purn) Wiranto, Agum Gumelar, dan A.M Hendropriyono.

Turut hadir pula Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, KSAL Laksamana Muhammad Ali, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, dan Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid, dan Letkol Tituler Deddy Corbuzier.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapkan alasan membangun Graha Utama Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah. Menurut Prabowo, pembangunan itu sebagai bentuk pengembangan fasilitas pendidikan di institusi militer.

“Pembangunan Graha Utama Akademi Militer Magelang merupakan bagian dari upaya mewujudkan visi besar pembangunan dan pengembangan fasilitas pendidikan di institusi pendidikan militer yang diharapkan dapat memiliki peran sentral dalam membentuk watak, mental, dan intelektualitas calon pemimpin TNI dan pemimpin bangsa,” kata Prabowo di Graha Utama Akmil, Senin (29/1/2024).

Prabowo menjelaskan, Kementerian Pertahanan membangun Graha Utama Akmil dengan luas bangunan 8.306 m2. Rinciannya, lantai 1 seluas 3.328 m2, lantai 2 2.617 m2 dan lantai 3 seluas 2.617 m2. Selain itu, Kemenhan juga merenovasi perbaikan ruang makan untuk 1.200 taruna.

Graha Utama Akmil juga bakal dijadikan tempat perkantoran gubernur dan pejabat utama akademi militer. Kemudian, tempat penyelenggaraan acara kehormatan militer, acara penting, penerimaan tamu asing, hingga peringatan peristiwa bersejarah.

“Diharapkan pembangunan Akmil Magelang dapat meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan para taruna, calon penerus bangsa, dan dapat meningkatkan daya saing prajurit muda di kancah internasional,” pungkasnya. (Lpt/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular