Sabtu, Juni 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hemat Biaya ke Jakarta, dari Singapura Naik Kapal

JAKARTA – Pengorbanan Denada untuk Aisha Aurum, putri semata wayangnya tidak perlu diragukan. Sejak divonis mengidap leukimia sekitar tiga tahun lalu, Aisha kini menetap di Singapura. Menjalani pengobatan sekaligus bersekolah di sana.

Walhasil, Denada harus bolak-balik Jakarta-Singapura. Lantaran pekerjaannya lebih banyak di dapatkan di Jakarta. ”Masih, dong. Ini baru ke Indonesia lagi semalam. Jadi, memang balik ke sini karena ada pekerjaan. Kalau nggak, stay di Singapura,” kata Denada saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Minggu, 25 Juni 2023.

Menjalani rutinitas tersebut sejak 2020, dia harus putar otak mencari cara untuk menekan pengeluaran. Yakni, mengganti moda transportasi yang biasanya dia gunakan. Awalnya, Denada kerap menaiki pesawat untuk Jakarta–Singapura atau sebaliknya.

Kini putri sulung Emilia Contessa itu menggunakan transportasi laut. ”Orang mikir perjalanan aku dari Singapura ke sini cuma 1,5 jam, sebenarnya nggak. Saking menghematnya, aku dari sana ke sini naik kapal feri dulu ke Batam, baru naik pesawat ke Jakarta,” jelas Denada.

Dia menyadari, selalu ada risiko dari setiap pilihannya. Meski cara tersebut diakuinya ampuh untuk memangkas bujet, pedangdut 44 tahun itu harus mengorbankan banyak waktu dan tenaga. Sebab, perjalanan tersebut tidak sepraktis ketika dia langsung memanfaatkan jalur udara dari Jakarta.

”Panjang memang. Selama di kapal juga kan aku bawa barang sendiri. Kalau dibilang capek iya, tapi tidak sedikit pun mengurangi rasa syukurku. Malah nambah,” terangnya. Denada sedikit berlega. Kondisi putrinya yang kini berusia 11 tahun berangsur membaik. (kn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular