Senin, Juni 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ganjar Janjikan Permodalan untuk UMKM

KORANUSANTARA – Bakal capres PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo melakukan safari politik di Palembang, Sumatra Selatan.  Dalam kunjungannya, Senin, 6 November 2023, Ganjar bertemu dengan para pelaku UMKM di dapur Bunda Raya. Dia berjanji memberikan perhatian lebih pada sektor tersebut.

Dalam kesempatan itu, Ganjar banyak memberikan semangat dan harapan kepada para pelaku UMKM. Bahkan, kandidat yang diusung PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura tersebut ikut membuat kue lapis khas Palembang, yaitu lapis maksuba. ”Ternyata butuh kesabaran. Sebagian materialnya cukup berkualitas karena telurnya lebih banyak,” ungkapnya.

Ganjar memberikan pujian dalam proses pembuatan kue lapis tersebut. Sebab, telah dilakukan sejumlah inovasi. Hal itu juga akan mendorong banyaknya jenis kue lapis. Dengan demikian, para pedagang bisa menjualnya dan para pembeli mempunyai banyak pilihan. ”Kue lapisnya enak. Ada inovasinya. Di kue lapisnya ternyata bisa dicampur dengan berbagai kue yang lain, seperti bronis, sehingga orang akan melihat sentuhan jenis baru,” terangnya.

Mantan gubernur Jawa Tengah itu juga membeli sejumlah produk UMKM khas Palembang yang tengah dipamerkan. Ketika Ganjar-Mahfud benar terpilih di Pilpres 2024, para pelaku UMKM itu pun menaruh harapan agar produknya naik kelas, makin laris, dan pendapatan meningkat.

Menurut Ganjar, UMKM menjadi salah satu atensinya. Dia siap memfasilitasi akses modal usaha, memberikan bantuan dalam meningkatkan kapasitas dan kompetensi, serta menciptakan peluang lebih besar dalam mengakses pasar lokal maupun internasional. Selain itu, Ganjar menyuarakan pentingnya kerja sama antara pemerintah dan pengusaha UMKM dalam mengatasi tantangan dan hambatan yang dihadapi.

”Kami juga mengajak para pengusaha UMKM untuk berperan aktif dalam perumusan kebijakan yang mendukung pertumbuhan bisnis mereka,” ucapnya. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular