Minggu, Juni 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gandeng PPMI Gelar Seleksi Duta Pemuda Daerah, Disdikpora PPU Target Juara Umum dalam Ajang Jambore Pemuda Daerah di Balikpapan

PPU – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Penajam Paser Utara (PPU) menggandeng Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) PPU menggelar seleksi Duta Pemuda Daerah (DPD). Nantinya yang terpilih dalam seleksi ini akan diikutsertakan pada Jambore Pemuda Daerah (JPD) Se-Kalimantan Timur (Kaltim).

Sebanyak 47 orang Pemuda se-PPU ikut serta dalam ajang seleksi tersebut, yang terbagi dari 13 orang Putra dan 35 Putri. Analisis Kebijakan Pemuda Muliadi Yunus menyampaikan bahwa ajang seleksi ini akan diikut sertakan pada ajang JPD Provinsi yang akan diselenggarakan di Kota Balikpapan.

Adapun dari jumlah peserta yang terdaftar akan terseleksi menjadi 20 pasang putra dan putri. Setelah itu akan menghasilkan 9 orang peserta yang terdiri dari 5 Putra dan 4 Putri terbaik.

“Seleksi ini guna memilih Putra Putri terbaik yang akan menjadi Duta Pemuda, dalam kegiatan JPD se-Kaltim di Balikpapan. Pastinya para pemuda yang terpilih akan dipertugaskan untuk mempromosikan budaya PPU khususnya pada ajang Provinsi tersebut,” ujarnya, Jumat (3/5/2024).

Muliadi menambahkan, kriteria yang wajib dimiliki oleh para peserta ialah pertama memiliki wawasan yang luas akan kultur dan budaya di Kaltim khususnya PPU. Kemudian kedua, memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang tangguh, serta ketiga memiliki cara komunikasi yang baik Ketika berhadapan dengan orang baru.

“Kami pun tidak mensyaratkan terkait wajah maupun postur tubuh, yang penting 3 kriteria tersebut terpenuhi sesuai penilaian Inshallah akan terpilih,” ucap Muliadi.

Lebih lanjut, setelah terpilih nanti, 20 pasangan putra dan putri akan diberikan pelatihan selama seminggu lamanya. Mereka akan mendapatkan materi terkait kebudayaan serta menggali keahlian lainnya, dan akan dipusatkan kegiatan karantina selama 2 minggu di Pantai Amal.

“Kami akan lakukan pelatihan serta pemusatan karantina guna menambahkan pengetahuan serta menggali keterampilan para peserta, agar kiranya dapat memporleh juara yang sempat didapatkan para seniornya di tahun lalu, pastinya kita akan mempertahankan itu bahkan target kitab isa menjadi juara umum dalam ajang JPD Provinsi tersebut,” pungkasnya. (ADV/NRD)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular