Selasa, Juni 18, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Presiden Senang Investor Balikpapan Ikut Serta Bangun IKN

KORANUSANTARA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menepati janjinya untuk datang ke Ibu Kota Nusantara (IKN) setiap bulan. Kepala Negara memang diagendakan untuk melakukan groundbreaking sejumlah proyek. Kondisi tersebut sekaligus menegaskan bahwa pemerintah begitu serius membangun IKN serta memastikan bahwa megaproyek ini betul-betul menarik minat investor.

Rabu, 20 Desember 2023, Presiden Jokowi secara resmi melakukan peletakan batu pertama Nusantara Superblok. Terasa spesial lantaran ini adalah kali pertama investor lokal, khususnya dari Kaltim, ambil bagian di IKN.

“Dengan mengucap bismillahirahmanirahim, pada siang hari ini peletakan batu pertama Groundbreaking Nusantara superblok secara resmi saya nyatakan dimulai,” kata Jokowi dalam acara peresmian di IKN, dipantau secara daring.

Dalam momen itu, Jokowi mengaku senang karena akhirnya ada investor dari Balikpapan yang ikut berperan dalam pembangunan IKN ini. Bahkan, kata Jokowi, nilai investasinya sangat besar mencapai Rp 3 triliun.

“Siang hari ini saya sangat senang karena ada investor dari Kalimantan Timur, investor dari Balikpapan yang ikut berperan dalam pembangunan IKN. Dan investasinya gede, Rp 3 triliun,” ungkap Jokowi.

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Solo ini juga merinci, bahwa yang dibangun investor asli Kalimantan bukanlah proyek yang kecil. Melainkan, kata dia, proyeknya akan dibangun di tanah seluas 7,5 hektar.

Meliputi, tempat perbelanjaan sebesar 40 ribu meter persegi, hotel bintang limanya 215 kamar, hotel bintang empatnya 200 kamar. Kemudian ditambah apartemen 8 tower, kemudian office building 2 tower. Lalu sekolah internasional dan tempat hiburan.  “Saya sangat mengapresiasi investasi ini dan moga-moga dari sisi desain tidak kalah dengan investor-investor dari Jakarta,” lanjutnya.

Dia berharap, pembangunan Nusantara Superblok ini bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan. Selain itu juga bisa membuka kesempatan kerja yang seluas-luasnya bagi masyarakat.

Jokowi meyakini bahwa nantinya Nusantara Superblok akan menjadi daya tarik di IKN. Utamanya bisa mendukung IKN menjadi Ibu Kota Negara berkelas dunia.  “Nusantara Superblok ini betul-betul akan menjadi daya tarik di IKN dan menjadikan ibukota IKN menjadikan ibu kota berkelas dunia yang berbeda dengan ibu kota – ibu kota negara-negara lain,” ujarnya.

Terakhir, dia menitip pesan bahwa seluruh gedung yang akan dibangun di IKN harus sesuai dengan desain green building. Bahkan, dipastikan desain yang akan diterapkan telah lolos kurasi dari pemerintah. Dalam hal ini, kurasi desain bangunan di IKN akan dilakukan oleh Ridwan Kamil, mantan Gubernur Jawa Barat.

“Saya titip satu untuk desain green building karena yang akan kita bangun di IKN ini adalah kawasan hijau, lingkungan hijau, jadi konsepnya berbeda dengan kota-kota di seluruh dunia. Nanti bisa disampaikan kepada kepala otorita dan nanti biar di bimbing dan dikurasi oleh Pak Ridwan Kamil. Biar konsep semuanya sama, kawasan hijau, lingkungan hijau, dan green building,” pungkasnya.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular