Selasa, Juli 23, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DKP Kukar Beri Dukungan kepada Nelayan, 1.500 Peket Bantuan Siap Disalurkan

TENGGARONG – Program 25 ribu nelayan produktif terus dijalankan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Tahun ini, program yang merupakan bagian dari 23 program Dedikasi Kukar Idaman ini akan menyalurkan 1.500 paket bantuan kepada nelayan yang tersebar di 20 kecamatan.

Sekretaris DKP Kukar, Fadli, mengatakan program ini juga merupakan bentuk kontribusi dinasnya dalam upaya memberantas kemiskinan di Kukar. Bantuan semisal perahu, alat tangkap ikan, mesin kapal, bahkan juga berupa bibit dan pakan ikan disalurkan untuk meningkatkan perekonomian para nelayan.

“Kami berharap program kegiatan yang telah direncanakan pada tahun ini dapat direalisasikan semua,” ujar Sekretaris DKP Kukar, Fadli, Rabu (27/3/2024).

Agar tepat sasaran, Fadli mengatakan penyaluran bantuan ini berbasis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sehingga bantuan diprioritaskan untuk keluarga kurang mampu. Hal ini juga selaras dengan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam memerangi stunting di Kukar.

Selain itu, DKP Kukar melakukan pembinaan terhadap kelompok ibu-ibu yang berkecimpung dalam pengolahan hasil perikanan. Mereka diberikan bantuan seperti freezer untuk mengawetkan bahan olahan ikan, cool box, dan blender untuk mengembangkan usaha mereka.

“Semoga bisa berjalan sesuai dengan harapan, serta dapat memfasilitasi para nelayan tangkap maupun budidaya agar sejahtera,” pungkasnya. (Adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular