Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dapat DAK dari Kementerian Pariwisata, Waris: Harus Digunakan Maksimal

TANJUNG REDEB – Pariwisata menjadi sektor andalan Kabupaten Berau. Pesona Pulau Maratua hingga Derawan, tak ubahnya surga bagi para wisatawan. Sebagai dukungan dari pemerintah pusat lewat Kementerian Pariwisata, dikucurkanlah anggaran Rp 15 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Wakil Ketua Komisi III DPRD Berau Abdul Waris memaparkan, dana di atas akan digunakan untuk pengembangan pariwisata. Seperti melengkapi fasilitas penunjang maupun sarana dan prasarananya, menata kawasan, serta menyiapkan tempat kuliner khas daerah. Salah satunya, pembangunan kios cendera mata di Kampung Tanjung Batu. “Kita mendapat bantuan ini karena Derawan masuk ke dalam KSPN. Dalam kategori pengembangan pariwisata baru,” jelasnya.

Politikus Demokrat itu menambahkan, pada tahun-tahun sebelumnya, Kabupaten Berau tidak mendapatkan bantuan DAK, lantaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) tidak memiliki perencanaan pengembangan wisata yang ada di Berau. “Tahun ini kita sudah punya masterplan sehingga kucuran dana tersebut kembali kita dapatkan. Dengan dana ini harus benar-benar digunakan secara maksimal,” tegasnya. (KN/ADV)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular