Sabtu, Mei 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dampingi Anies Kampanye, Surya Paloh : Demokrasi Tidak Boleh Dirusak

BANDUNG – Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh menyatakan, demokrasi yang menjadi landasan Indonesia dalam berbangsa dan bernegara tidak boleh dirusak siapapun demi kepentingan apapun.

Hal ini disampaikan dalam orasinya saat mendampingi Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan kampanye akbar di Lapangan Tegal Lega, Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/1/2024).

“Demokrasi tidak boleh dirusak oleh siapapun juga saudara-saudaraku semuanya, tidak boleh dirusak oleh siapapun juga,” kata Paloh.

Demokrasi, kata dia mengatur, hak-hak pribadi, hak-hak keluarga dan hak-hak publik secara tegas.

Menurut Paloh, semua kepentingan itu tidak boleh dicampuradukkan satu sama lain.

“Kita tidak boleh mencampuradukkan antara hak pribadi, keluarga, dan tentu hak-hak publik saudara-saudaraku semuanya. Ini misi besar kita di negeri ini,” ucap dia.

Maka, kata Paloh Bhineka Tunggal Ika perlu diperjuangkan sebagai komitmen kebangsaan Indonesia.

Dia mendorong agar semangat pluralisme atau keberagaman tetap dijaga dan dilaksanakan termasuk dalam proses Pemilu.

“Kita sedang memperjuangkan terus-menerus agar perjalanan dan kehadiran pemilu demi Pemilu yang kita lalui, dalam proses ketatanegaraan kita, semakin hari semakin berkualitas,” jelas dia.

Bagi NasDem, lanjut Paloh persatuan dan keutuhan bangsa Indonesia lebih mahal dan lebih harus dijaga ketimbang pemilu itu sendiri.

Dia berharap, kualitas pemilu semakin baik dengan keterlibatan masyarakat yang aktif dan masif.

Paloh menuturkan, agar semua elemen bangsa memiliki komitmen dan konsistensi diri untuk menjalankan Pemilu yang berkeadilan, bebas dari intervensi dari manapun.

“Kita tentu berharap dari Pemilu ke Pemilu dengan kualitas yang ada ini kita bersama dari seluruh komponen dan elemen masyarakat termasuk penjaga Pemilu itu sendiri,” kata dia. (Lpt/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular