Minggu, Juli 14, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Perkuat Akar Rumput, Sasar Generasi Milenial

KORANUSANTARA – Ganjar Pranowo tampaknya fokus dengan agenda kampanye di wilayah Timur Indonesia. Setelah Papua, capres nomor urut 3 itu bertemu kader dan relawan Ganjar-Mahfud di Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu, 3 Desember  2023. Ganjar mengajak para kader dan relawan untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pemilu. Juga menjaring aspirasi di tingkat akar rumput.

Menurut Ganjar, edukasi terkait teknis pemilu kepada masyarakat, khususnya milenial dan gen Z, penting dilakukan. Sebab, suara mereka mendominasi sebagai pemillih pada Pemilu 2024. Diketahui, KPU menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih. Dari jumlah itu, sebanyak 66,8 juta pemilih dari generasi milenial.

Selain itu, pemilih dari gen Z juga mendominasi, yaitu sebanyak 46,8 juta pemilih. Karena itu, edukasi penting dilakukan sebagai upaya untuk mendongkrak partisipasi mereka dalam pesta demokrasi serentak 2024. ’’Jangan lengah pada teknis pemilu karena masyarakat butuh pelatihan untuk bisa mencoblos,’’ kata Ganjar.

Ganjar menjelaskan, jumlah kertas suara pada pemilu nanti akan banyak. Sehingga para pemilih pemula, terutama dari kalangan gen Z, perlu terus-menerus diberi pemahaman terkait itu. Capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu juga mendorong konsolidasi akar rumput secara humanis. Cara itu untuk menjaring problematika yang dirasakan masyarakat di berbagai daerah. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular