Kamis, Februari 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bintang Hollywood Suarakan Dukungan bagi Palestina

KORANUSANTARA – Hollywood kini terbelah. Ada kubu yang pro Israel, di sisi lain dukungan bagi Palestina terus mengemuka. Seperti yang dilakukan aktris sekaligus Duta Unicef Gemma Chan. Dirinya  ikut membagikan kabar seputar Palestina di akun Instagram-nya.

Dia me-repost unggahan yang menekankan bahwa Gaza sama sekali tidak aman. Aktris yang melejit lewat Crazy Rich Asians itu juga mengonfirmasi bantuan gelombang pertama Unicef untuk anak-anak Gaza di awal pekan ini.

Para selebriti Inggris pun mulai vokal menyuarakan dukungan setelah negaranya memilih abstain di resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata awal bulan ini. Di antaranya, bintang Cinderella Lily James dan Karen Gillan, pemeran Nebula di Avengers.

Bintang The Hunger Games Jena Malone juga mendukung Palestina. Dalam akun X, dia mengungkapkan, banyak orang yang memahami perlawanan, namun menolak realitas.

“Kalian menonton The Hunger Games dan berpihak pada perlawanan. Kalian menonton Divergent dan berpihak pada perlawanan. Kalian membaca sejarah dan berpihak pada perlawanan. Dalam fiksi, kalian memahami penindasan. Kenapa kalian menolak mengakuinya saat hal itu nyata-nyata terjadi?’’ cuitnya. Malone juga mengunggah sejumlah video perlawanan dan foto demo solidaritas untuk Palestina.

Selain itu, aktris Susan Sarandon, yang viral setelah dipecat agensinya karena mendukung Palestina, kembali turun dan berdemo. Akhir pekan lalu, dia mengunggah foto dan video dirinya saat mengikuti aksi di New York. Aktris jawara Oscars itu menuntut pembebasan seniman teater Palestina yang ditahan oleh pihak Israel.

“Kami berdiri bersama dalam solidaritas dengan The Freedom Theatre, Jenin dan tuntutannya untuk membebaskan Mustafa Sheta dan Jamal Abu Joas. Lindungi seniman. Bebaskan Palestina,’’ tulisnya. Dia juga aktif membagikan kondisi terkini di Gaza dan mengajak para pengikutnya untuk mendukung Palestina.

Mereka menyatakan kecewa pada sikap abu-abu negaranya. ’’Selamanya, sejarah tidak akan lupa bahwa pemerintah Inggris gagal menyerukan gencatan senjata,’’ tulis James di unggahan Instagram Story-nya. (*) 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular