Minggu, Juni 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bangun Taman di Lahan Yang Tidak Produktif Milik Pemkab Kukar, Jadikan Kelurahan Panji Juara 3 Inovasi Kelurahan Tingkat Kaltim

TENGGARONG – Kelurahan Panji di Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, kembali meraih penghargaan atas inovasinya yang mengubah lahan tidur pemerintah menjadi Taman Miana, sebuah destinasi wisata lokal yang digeluti oleh Kelurahan. Penghargaan sebagai Inovasi Terbaik diraih setelah upaya keras Kelurahan Panji dalam memanfaatkan lahan yang dulunya tidak produktif menjadi tempat rekreasi yang ramah lingkungan.

Camat Tenggarong, Sukono, mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian ini, menjelaskan dari inisiatif Kelurahan Panji, membangun Taman yang cantik di tengah-tengah Kota Raja tersebut menjadikan kelurahan tersebut pada 2023 lalu berhasil meraih juara 1 tingkat kabupaten dan juara 3 tingkat provinsi dalam Lomba Inovasi Kelurahan.

“Alhamdulillah, dengan kerja keras dari Kelurahan Panji akhirnya menjadi juara 1 Kabupaten, dan di provinsi pada 2023 lalu menjadi juara 3 sebagai inovasi Kelurahan terbaik,” ungkapnya dengan bangga.

Taman Miana saat ini menjadi wisata lokal yang sangat menarik dengan tanaman bunga yang tertata rapi, sangat indah dan sering dijadikan lokasi berswafoto oleh wisatawan lokal jika berkunjung ke lokasi tersebut. “Sabtu minggu disana itu rame Mas, banyak yang berolahraga disana, kami juga buat tempat buat UMKM berjualan disana,” tambahnya.

Inovasi yang dilakukan Kelurahan Panji ini membuktikan bahwa lahan yang semula tidak dimanfaatkan dengan optimal dapat bertransformasi menjadi aset bernilai tinggi bagi komunitas. Dikelola oleh Kelurahan dan Masyarakat Sadar wisata (Darwis) yang memiliki kesadaran akan pentingnya pariwisata lokal. (adv)

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular