Minggu, Juli 14, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Alokasikan Rp 8 Miliar untuk Pulau Kumala, Rendi Solihin Optimistis Waterboom Rampung Akhir Tahun

TENGGARONG –Pulau Kumala sempat kesohor pada awal 2000-an. Wisatawan baik lokal maupun internasional menjadikannya destinasi wajib tatkala berkunjung ke Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar).

Pesona itu yang coba ditumbuhkan lagi oleh Pemkab Kukar di bawah kepemimpinan Bupati Edi Damansyah dan Wabup Rendi Solihin. Anggaran senilai Rp 8 miliar digelontorkan untuk mendandani Pulau Kumala. Menambah wahana permainan hingga peningkatan fasilitas.

Salah satu wahana permainan yang tengah dibangun yakni waterboom, yang saat ini sudah mencapai 30-40 persen pengerjaan. “Alhamdulillah, saat ini pengerjaan waterboom terus berproses. Untuk seluncurannya masih dalam pengiriman,” ucap Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin.

Wahana permainan waterboom di Pulau Kumala terletak tepat di bagian tengah, tidak jauh dari lokasi gokart. Selain mempersiapkan waterboom, pihak pengelola juga mempersiapkan fasilitas lainnya, seperti lampu dan lain sebagainya.

“Kita targetnya tahun ini rampung, dengan harapan tentunya langsung bisa dibuka untuk umum,” jelas Rendi. Setelah waterboom rampung, pihaknya tetap akan melakukan pengembangan pada 2024. Salah satunya menambah kolam gelombang.

“Pengembangan akan tetap dilakukan, di mana kolam gelombang bakal ditambah di tahun depan,” imbuhnya. Kepala Dinas Pariwisata Kukar Slamet Hadi Raharjo menambahkan, waterboom akan menjadi citra baru di Pulau Kumala.

Ia berharap wisatawan kembali ramai datang ke Pulau Kumala, dan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah. “Silakan teman-teman media untuk main-main ke sana, melihat langsung situasinya. Ini sekarang terus berproses, doakan semuanya berjalan lancar dan selesai tepat waktu,” pungkasnya.(KN/ADV)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular