Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ujian Kesolidan KPP, Anies-Muhaimin Mengemuka

KORANUSANTARA – Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) diuji kesolidannya. Musababnya, Partai Demokrat menyatakan bahwa Anies Baswedan telah menyetujui kerja sama dengan Partai Nasdem dan PKB di Pilpres 2024 secara sepihak. Kerja sama dibangun untuk mengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Sekjen Demokrat Teuku Rifky menyebut informasi itu berasal dari juru bicara Anies, Sudirman Said.

“Kami mendapatkan informasi dari Sudirman Said mewakili capres Anies Baswedan bahwa Anies telah menyetujui kerja sama politik Partai Nasdem dan PKB untuk mengusung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar,” ucap Rifky lewat siaran pers, Kamis, 31 Agustus 2023.

Rifky menjelaskan bahwa langkah tersebut dilakukan secara sepihak atas inisiatif Ketua Umum Nasdem Surya Paloh. Demokrat lalu mengonfirmasi info tersebut kepada Anies Baswedan. Anies, kata Rifky, membenarkan info tersebut. Nasdem dan PKB menjalin kerja sama untuk mengusung Anies-Muhaimin Iskandar.

“Hari ini kami melakukan konfirmasi berita tersebut kepada Anies Baswedan. Ia mengonfirmasi bahwa berita tersebut adalah benar. Demokrat ‘dipaksa’ menerima keputusan itu (fait accompli),” kata Rifky. Majelis Tinggi Partai Demokrat akan mengadakan rapat untuk menentukan sikap selanjutnya. Rifky lalu mengatakan bahwa langkah kerja sama antara Nasdem-PKB dengan mengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar jelas merupakan bentuk pengkhianatan.

Sementara itu, Anies sendiri tengah melakukan lawatan ke Jombang, Jatim. Dirinya berziarah sekaligus mengunjungi empat pondok pesantren (ponpes) besar. Yakni, Ponpes Tebuireng, Ponpes Darul Ulum Rejoso, Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, dan Ponpes Mambaul Maarif Denanyar.

Di Tebuireng, Anies dan rombongan tiba pukul 09.00 WIB. Dia disambut Pengasuh Ponpes Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin), KH Fahmi Amrullah Ponpes Al Masruriyah Putri Tebuireng, dan keluarga besar pesantren. Seusai berdialog di dalem kasepuhan, rombongan berziarah ke makam Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari (pendiri NU) dan keluarga.

’’Alhamdulillah bisa ziarah ke makam Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid), Gus Solah (KH Solahudin Wahid), dan KH Wahid Hasyim. Kesempatan ini juga kita gunakan untuk silaturahmi dengan keluarga Tebuireng,’’ ucap mantan gubernur DKI itu.

Setelah dari Ponpes Tebuireng, rombongan Anies menuju ke Ponpes Darul Ulum. Lalu, berlanjut ke Ponpes Tambakberas dan Denanyar. Selain bersilaturahmi dengan pengasuh pesantren, Anies dan rombongan juga berziarah. Termasuk ke makam KH Wahab Chasbullah dan KH Bisri Syansuri, yang juga termasuk pendiri NU. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular