Selasa, Mei 28, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

TPN: Ganjar-Mahfud Sampaikan Tiga Pesan di Kampanye Solo-Semarang

SURAKARTA – Deputi Kanal Media TPN Ganjar-Mahfud, Karaniya Dharmasaputra mengatakan bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud Md akan menyampaikan tiga pesan penting pada Hajatan Rakyat di Surakarta dan Semarang.

“Pesan yang akan disampaikan adalah pentingnya kecintaan rakyat kepada pemimpinnya, menjaga dan merawat demokrasi sebagai budaya bangsa, serta merapatkan barisan untuk menegakkan kesakralan demokrasi ke seluruh penjuru negeri,” kata Karaniya dalam keterangannya di Surakarta, Sabtu.

Ia mengatakan salah satu rangkaian kegiatan Hajatan Rakyat yang menarik adalah meruwat Gedung Balai Kota Surakarta sebagai simbol kekuasaan saat ini. Ruwatan merupakan simbol kecintaan rakyat Surakarta kepada pemimpinnya, revolusi cinta dilakukan agar segala keburukan, serta gangguan di pusat kekuasaan kembali mendapatkan keselamatan, kewarasan, dan ketenteraman.

Selain itu, ruwatan dalam tradisi masyarakat Jawa adalah sebuah permintaan tulus kepada Tuhan Yang Maha Esa agar terbebas dari segala bentuk bahaya dan bencana, serta untuk mendapatkan keselamatan dan kebaikan dalam menjalani kehidupan.

“Dalam ruwatan ada beberapa ritual pendukung seperti lakon Wayang, Sesajen, Bunga, dan Barang-barang lainnya yang dianggap dapat mendukung tercapainya maksud dari ruwatan,” ujarnya.

Meruwat Gedung Balai Kota, jelas Karaniya, berarti membersihkan Gedung Balai Kota yang menjadi simbol kekuasaan dari segala macam bentuk kotoran, kesialan, bencana, dan bahaya.

“Harapannya, kekuasaan akan kembali berpihak kepada rakyat Solo Raya,” jelas dia.

Lalu, kirab juga menjadi bagian penting karena ditandai berbagai pertunjukan meriah yang melibat berbagai lapisan masyarakat, yang berkumpul untuk menyatukan tekad, yaitu merawat demokrasi.

“Hajatan rakyat, bukan pesta konglomerat. Hajatan Rakyat ada ungkapan syukur rakyat kepada Yang Maha Esa,” pungkas Karaniya.

KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Oleh : Narda Margaretha Sinambela
Editor : Agus Setiawan

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular