Selasa, Mei 28, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tom Lembong Sebut Harga Nikel Bakal Anjlok, Luhut Langsung Bongkar Data

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membantah pernyataan Co-Captain Timnas AMIN Tom Lembong terkair harga nikel anjlok. Bahkan, dia mengungkapkan data tren harga 10 tahun terakhir.

Menko Luhut menegaskan, untuk mengetahui harga nikel, perlu merujuk pada data yang cukup panjang. Misalnya, tren yang terjadi selama 10 tahun terakhir.

“Anda perlu melihat data panjang, 10 tahun, kan anda pebisnis juga. Kan siklus dari komoditi itu kan naik turun, apakah itu batu bara, nikel, timah, atau emas. Apa saja,” ujar Menko Luhut melalui akun Instagram @luhut.pandjaitan, Rabu (24/1/2024).

Dia pun membongkar data harga nikel pada kurun waktu tersebut. Dalam catatannya, tidak terjadi perbedaan yang terlalu signifikan dari harga nikel.

“Tapi kalau kita melihat selama 10 tahun terakhir ini harga nikel dunia itu ya di USD 15.000-an, bahkan pada periode 2014-2019, periode hilirissi mulai kita lakukan, harga rata-rata nikel itu hanya USD 12.000,” jelasnya.

Mengacu pada data tersebut, dia mengaku heran Tom Lembong bisa menyimpulkan harga nikel anjlok. Dia pun menuding Mantan Menteri Perdagangan yang bergabung di tim sukses Anies-Muhaimin itu berbohong.

“Jadi saya tidak mengerti bagaimana Tom Lembong memberikan statement seperti ini. Bagaimana anda memberikan advice bohong kepada calon pemimpin yang anda dukung, saya sedih lihat anda disitu,” tegasnya.

“Artinya intelektual anda itu menurut saya, saya jadi ragukan. Oke mungkin anda betul seorang intelektual tapi karakter anda itu menurut saya enggak bagus,” sambung Menko Luhut.

Pada kesempatan ini, Menko Luhut turut mengatakan cucunya yang tengah menjalani pendidikan di luar negeri pun ikut berkomentar. Dia mengisahkan sang cucu terheran-heran ada yang mengejek pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Wong cucu saya aja komentar yang di Georgetown University waktu anda bicara di Washington DC, dua minggu lalu. ‘Bagaimana opung ada seorang mantan menteri yang bicara menjelek2an pemerintahnya sendiri, di mana pada waktu yang lalu dia bekerja di situ?’,” kata Menko Luhut, meniru pertanyaan cucunya.

“‘What kind of personality is this, opung?’,” imbuh Luhut.
Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap kinerja dari Tom Lembong dalam kabinet Jokowi.

Dia mempertanyakan beberapa program kerjanya. Termasuk diantaranya ketika Tom menjadi Menteri Perdagangan dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
Menko Luhut menyinggung soal proyek Online Single Submission (OSS) yang tak rampung ditangan Tom Lembong.

“Tapi anda harus refleksi juga, apa sih yang ada lakukan sebagai Menteri Perdagangan? Coba tanya dirimu. Waktu anda BKPM, apa yang anda lakukan coba? Anda kan yang ditugaskan untuk OSS,” tanya Menko Luhut.

“Saya ingat betul itu bagaimana anda curhat ke saya, tapi itu kan sampai anda meninggalkan kabinet tidak pernah selesai. Sekarang kami yang menyelesaikan itu. Online single submission (OSS) itu yang sudah digadang-gadang bakal selesai begini begono dan segala macam itu,” sambungnya.

Dia pun meminta Tom Lembong tak perlu mengungkit hal-hal yang kurang baik di masa lalu. Lebih lagi, menurutnya, keberhasilan itu bukan sebatas pada satu orang, tapi kerja tim

“Ya saya hanya ingin sampaikan kita sudahlah. Kalau sudah selesai masa kita, sudah. Semua ada waktunya. Tidak perlu kita ceritakan kita yang paling bagus. Karena kita itu terjadi, tidak. Semua itu karena hasil kerja teamwork,” pungkasnya. (Lpt/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular