Senin, Mei 27, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tingkatkan Minat Baca, DPK Kaltim Gandeng Organisasi dan Lembaga

SAMARINDA– Berbagai lembaga dan organisasi di Kalimantan Timur digandeng Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim, dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat.

Dalam pelaksanaan prorgram perpustakaan pihaknya tidak bisa bekerja sendiri namun harus melibatkan stakeholder yang ada.

“Salah satunya bekerja sama dengan organisasi lain,” ucap Pustakawan Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca DPK Kaltim Marthen Rumana kepada wartawan, Kamis, 12 Oktober 2023.

Menurutnya, dalam hal meningkatkan minat baca tidak semata menjadi tanggung jawab para pustakawan, namun melibatkan semua komponen. Dia menjelaskan, DPK Kaltim merupakan perpanjangan tangan pemprov dalam bidang perpustakaan, yang bertugas membina semua jenis perpustakaan di Bumi Etam.

Beberapa lembaga dan organisasi yang menjadi mitra kerja dinas perpustakaan, antara lain organisasi profesi pustakawan, Asosiasi Pustakawan Sekolah Indonesia (Aspusi), Komunitas Penulis Kaltim, dan Gerakan Pembinaan Minat Baca (GPMB).

“Organisasi itu ada di setiap daerah. Misalnya GPMB Kaltim, Kutai Kartanegara, Samarinda, Paser. Jadi dalam menjalankan program, kami kerja sama dengan lembaga tersebut,” bebernya.

Selain itu, dia memaparkan salah satu program yang dilakukan DPK untuk meningkatkan minat baca, yakni menggelar lomba literasi. Tahun ini, disebutkan Marthen ada beberapa lomba literasi yang diselenggarakan, seperti lomba perpustakaan SD, SMP, SMA, lomba bertutur tingkat SD, lomba resensi, dan lomba konten TikTok. “Lomba konten TikTok terakhir kami laksanakan September lalu. Peserta membuat konten dengan tema mengampanyekan minat baca,” sebutnya.

Ia berharap dengan adanya program-program tersebut, minat baca masyarakat Kaltim jadi meningkat, dan budaya literasi dapat berkembang. (KN/ADV)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular