Selasa, Mei 28, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tiket Ferry Merak – Bakauheni “Sold Out” hingga 8 April 2024

JAKARTA – Memasuki H-4 mudik Lebaran pada Sabtu (6/4/2024), volume penumpang dan kendaraan yang menyeberang dari Pulau Jawa menuju Sumatera terus meningkat. Hal itu membuat kuota tiket ferry ekspres dan reguler untuk semua golongan kendaraan telah habis dipesan sampai dengan 8 April 2024.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyampaikan, sesuai prediksi rencana operasi angkutan Lebaran, puncak arus mudik penyeberangan terjadi pada Sabtu (6/4/2024) atau H-4 hingga Minggu (7/4/2024).

“Volume kendaraan menuju Pelabuhan Merak terus meningkat sejak Sabtu (6/4/2024) pagi hingga sore. Terima kasih atas antusiasme pemudik sangat tinggi di lintas Merak-Bakauheni. Total penumpang yang menyeberang sejak H-7 sampai H-5 dari Jawa ke Sumatera telah mencapai 222 ribu orang dan 46.250 unit kendaraan,” tutur Shelvy dikutip dari JawaPos.com.

Dia mengungkapkan, tingginya antusiasme para pemudik sehingga tiket ferry baik layanan ekspres dan reguler rute Merak-Bakauheni habis terjual hingga jadwal keberangkatan 8 April 2024.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin menyeberang dari Jawa ke Sumatera agar kembali melakukan pembelian tiket setelah 8 April demi kenyamanan, keamanan, pengguna jasa dalam melakukan perjalanan dengan kapal ferry khususnya di momen mudik Lebaran tahun ini,” ujar Shelvy.

Tiket yang tersedia hanya untuk pejalan kaki baik layanan ekspres maupun reguler di Pelabuhan Merak. Dan tiket bagi pemudik motor juga masih tersedia via Pelabuhan Ciwandan-Banten.

“Untuk kendaraan roda dua yang di Pelabuhan Ciwandan saat ini masih tersedia 30 persen karena sudah terjual 70 persen,” terang Shelvy.

Shelvy mengatakan, manajemen telah melakukan sosialisasi massif bahwa pembelian tiket online Ferizy dapat dilakukan sejak 60 hari sebelum hari keberangkatan. Sehingga, dengan melakukan reservasi perjalanan lebih awal, perjalanan menjadi lebih terjamin, lebih aman, tidak perlu mengantre, dan lebih nyaman.

“Pastikan beli tiket online secara mandiri hanya di website Ferizy atau mitra resmi Ferizy. Mohon kerja sama pengguna jasa, jangan membeli tiket ketika baru menuju ke pelabuhan, dan hindari membeli tiket via calo di area pelabuhan,” tutur Shelvy.

Jumlah penumpang ferry Angkutan Lebaran tahun ini diperkirakan mencapai 5,78 juta penumpang dan 1,37 juta unit kendaraan di 8 lintasan terpantau nasional yang berada di bawah koordinasi 9 cabang ASDP.

Pergerakan orang pada angkutan Lebaran diprediksi naik sebesar 15 persen mengacu dari realisasi angkutan Lebaran tahun lalu. Pada Lebaran tahun ini, pergerakan masyarakat di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali, tetap menjadi perhatian utama.

Tahun ini akan dioperasikan kembali beberapa pelabuhan perbantuan untuk memecah kepadatan kendaraan. Seperti pengoperasian Pelabuhan Ciwandan, BBJ Bojonegara, BBJ Muara Pilu, dan Pelabuhan Indah Kiat (emergency) yang mengarah ke Pulau Sumatera. (JP/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular