Jumat, Desember 8, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Terletak di Pesisir, Potensi Hasil Laut Kecamatan Samboja Melimpah

TENGGARONG – Sebagai salah satu wilayah yang terletak di daerah pesisir, Kecamatan Samboja punya potensi besar di sektor perikanan dan rumput laut. Bagaimana tidak, hampir seluruh desa dan kelurahan di Kecamatan Samboja terletak persis di bibir pantai.

Camat Samboja, Damsik, mengatakan hanya ada beberapa desa dan kelurahan yang tidak berhadapan langsung dengan pantai. Hal ini menjadikan potensi ikan dan rumput laut dari Kecamatan Samboja sangat melimpah.

“Mulai dari Kelurahan Tanjung, Kelurahan Kuala, Pamedas sampai ke Muara Sembilang itu semua di bibir pantai dan penghasil ikan yang terbesar di daerah-daerah itu, termasuk juga pembudidayaan rumput laut,” papar Damsik, Rabu (25/10/2023).

Bahkan selama ini, ikan laut hasil tangkapan nelayan di Kecamatan Samboja, didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan ikan beberapa kota besar di sekitarnya. Seperti Samarinda, Balikpapan dan termasuk Tenggarong.

Sejak masa lalu, mayoritas masyarakat di Kecamatan Samboja sudah menggantungkan hidupnya dari hasil melaut. Damsik mengatakan, taraf kesejahteraan masyarakat Samboja juga berpotensi meningkat. Dengan dibangunnya pabrik pengolahan rumput laut di Kecamatan Muara Badak.

“Jadi selain nelayan tangkap ikan, banyak juga pembudidaya rumput laut di Samboja. Nah dengan pembangunan pabrik rumput laut di Muara Badak ini kan bisa memudahkan para petani dalam menjual hasil panennya. Pabrik itu sudah sangat kami nantikan,” pungkasnya. (Adv/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular