Selasa, Mei 28, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Terkait Konflik Iran – Israel, Pemerintah Jamin Harga BBM Tidak Naik hingga Juni 2024

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak naik sampai Juni 2024. Meskipun konflik antara Iran dan Israel diprediksi akan berdampak pada kenaikan harga minyak dunia.

“Sampai Juni tidak naik (harga BBM), itu sudah statement pemerintah,” kata Airlangga kepada wartawan di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2024).

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan bahwa pemerintah akan terus memonitor situasi untuk menyesuaikan anggaran subsidi energi jika diperlukan. Perkembangan ini akan dimonitor selama 1-2 bulan ke depan.

“Kita monitor di harga minyak berapa. Kita terus melakukan exercise dan kita menjaga agar resource yang ada bisa dimanfaatkan. Tentunya subsidi tepat sasaran menjadi catatan bagi pemerintah,” lanjut Airlangga.

Airlangga berharap, harga minyak bisa stabil. Meskipun, ia mengakui bahwa harga minyak bisa dipastikan naik jika eskalasi konflik di Timur Tengah masih terus memanas.

“Kita melihat 1-2 bulan situasi seperti apa. Jadi kalau tidak ada eskalasi, kita berharap harga minyak bisa flatten. Tetapi kalau ada eskalasi, tentu berbeda,” tambahnya.

Seperti diketahui, Konflik di Timur Tengah saat ini semakin memanas dengan serangan ratusan drone Iran ke Israel pada Minggu (14/4/2024) sebagai bentuk balasan atas serangan Israel yang telah menghancurkan gedung Konsulat Iran di Damaskus, Suriah, pada Senin, 1 April 2024 lalu.

Dalam serangan tersebut, 16 orang tewas termasuk dua jenderal Iran yakni Brigadir Jenderal Mohammad Reza Zahedi dan Brigadir Jenderal Mohammad Hadi Haji Rahimi.

Selain memicu ketegangan regional hingga ke tingkat global, eskalasi konflik ini juga akan berdampak kepada perekonomian global serta akan meningkatkan risiko makroekonomi bagi perekonomian Indonesia. (JP/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular