Minggu, Juni 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Taman Gubang: Inspirasi Sukses dalam Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan

TENGGARONG – Achmadi, pengelola Wisata Taman Gubang di Desa Loa Lepu, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), meraih penghargaan bergengsi sebagai Anugrah Tempat Wisata Idaman (ATWI) 2023 dari Bupati Kukar Edi Damansyah. Penghargaan tersebut diakui atas dedikasinya dalam pemberdayaan masyarakat dan perlindungan lingkungan.

Menjadi juara ATWI 2023 bukanlah hal yang direncanakan oleh Achmadi. “Awalnya iseng-iseng ikut dan disuruh isi secara online malah juara 1 ATWI,” ujarnya dengan kejutan.

Taman Gubang bukan hanya sekadar tempat wisata biasa. Achmadi aktif dalam membersihkan lingkungan sekitar dan menciptakan lapangan kerja bagi warga setempat. “Kami mempekerjakan 15 pekerja, semuanya warga sekitar,” ungkapnya.

Melalui kreativitasnya, Achmadi berhasil menarik investasi dan menjalankan sistem bagi hasil dengan pemilik perahu tradisional Kutai. Selain itu, ia juga memanfaatkan dermaga untuk berbagai usaha seperti penjualan makanan, minuman, dan hiburan karaoke. “Untuk perahu hias kita miliki 6 perahu dan itu milik orang semua yang dititipkan untuk untuk kami kelola,” tambahnya.

Kisah sukses Taman Gubang menjadi inspirasi bagi pengelola wisata lainnya untuk turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan dan memberdayakan masyarakat. Dengan prestasinya, Achmadi berharap dapat memotivasi lebih banyak orang untuk aktif dalam pembangunan daerah mereka. (adv)

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular