Sabtu, Mei 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Taiwan Diguncang Gempa Magnitudo 7,5, Warga di Okinawa Langsung Dievakuasi

JAKARTA – Gempa magnitudo 7,5 mengguncang wilayah Taiwan hingga menyebabkan gelombang tsunami membuat operasional Bandara Naha di wilayah Okinawa, Jepang, terganggu. Otoritas setempat memutuskan menghentikan sementara operasional bandara tersebut.

“Penerbangan dihentikan di bandara utama di wilayah selatan Jepang, Okinawa, pada hari Rabu karena peringatan tsunami yang dipicu oleh gempa bumi di Taiwan,” kata seorang pejabat pemerintah dilansir AFP, Rabu (3/4/2024).

Operasional Bandara Naha di Okinawa dihentikan mulai pukul 09.25 waktu setempat. Pemerintah akan mengalihkan penerbangan ke daerah Okinawa selama peringatan tsunami berlangsung.

Pemerintah Jepang mengeluarkan peringatan evakuasi untuk wilayah pesisir di prefektur selatan Okinawa setelah gempa bumi kuat yang memicu peringatan tsunami. Jepang menyebut tsunami setinggi 0,3 meter menerjang pulau Yonaguni.

Gelombang tsunami setinggi hingga 3 meter diperkirakan akan mencapai sebagian besar wilayah pantai barat daya Jepang, menurut Badan Meteorologi Jepang (JMA). Peringatan itu muncul setelah gempa bumi sangat dangkal dengan kekuatan awal 7,5 SR terjadi di laut dekat Taiwan.

“Tsunami setinggi 30 cm mencapai Pulau Yonaguni pada pukul 09:18 (0018 GMT), kata JMA atau Badan Meteorologi Jepang, dilansir Reuters.

Gempa di Taiwan itu terjadi sekitar pukul 09.00 waktu setempat. Gempa tersebut berpusat di Kota Hualien. (Dtc/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular