Minggu, Juli 14, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Syuting Bareng 500 Ular hingga Ditertawakan Hantu

 

KORANUSANTARA –  Film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon menjadi salah satu pembuktian kualitas akting Luna Maya. Segala pengorbanan dan totalitasnya berperan sebagai Suzzanna patut diacungi jempol. Sebab, Luna hampir 100 persen melakukan seluruh adegan tanpa bantuan orang lain.

Misalnya, ketika dituntut untuk beradegan dengan ular asli yang jumlahnya mencapai 500 ekor. Padahal, dia punya fobia terhadap hewan melata itu. Alhasil, scene yang semestinya bisa diselesaikan dalam waktu beberapa jam saja menjadi dua hari.

”Ular itu mengancam aku. Seharusnya scene pendek, malah jadi dua hari. Padahal, di skripnya itu 1.000 kecoak, aku ayo aja. Eh, ternyata yang muncul ular,” ungkap Luna saat gala premiere film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon di Plaza Senayan, Jakarta, Sabtu malam, 29 Juli 2023.

Sutradara Guntur Soeharjanto mengungkapkan proses adaptasi yang dilakukan Luna. Dia menceritakan bahwa aktris-model asal Bali itu sempat tertegun melihat empat karung yang berisi ratusan ular tersebut. Sampai akhirnya, Luna memberanikan diri untuk bonding alias mendekatkan diri dengan ular-ular itu.

’’Luna lama banget diam ngeliatin sampai akhirnya dia minta diambilin satu buat kenalan,” ujarnya. Guntur memilih untuk menggunakan ular asli dan tanpa CGI karena ingin mendapatkan hasil yang maksimal. ”Karena adegan selimut itu harus mematikan, tanggung kalau nggak tercapai,” katanya.

Selain itu, suara tertawa Luna di film tersebut mirip dengan mendiang Suzzanna Martha Frederika van Osch yang khas sekaligus melengking. Luna menyatakan bahwa untuk mendapatkan itu, dirinya harus menjalani latihan keras dengan pelatih vokalnya.

Luna juga menyimpan rekaman suara-suara tertawa Suzzanna di berbagai film agar bisa dipraktikkan ketika latihan sendiri. Sebab, aktris berjuluk ratu horor Indonesia itu punya empat eskalasi tertawa yang berbeda. Ada jahil, puas, marah, dan supermarah.

”Aku sama vocal coach nonton bareng film Suzzanna yang ada ketawanya, diulang-ulang terus. Dan, pas take-nya tuh lama banget sampai napasku ngik-ngik (hampir habis, Red) baru di-cut,” tutur Luna.

Saking miripnya dengan suara tawa hantu, mantan kekasih Ariel NOAH itu pernah mengalami kejadian mistis saat syuting. Luna mengaku ditertawakan hantu ketika satu scene bareng lawan mainnya, Achmad Megantara, di daerah Gunung Pancar, Bogor.

Alih-alih takut, dia justru meledek suara gaib tersebut dengan menertawakan balik pakai suara Suzzanna. ”Aku memang lagi jadi (hantu) Suzzanna waktu itu, diketawain jelas banget. Aku bukan tipe penakut, jadi ketawain balik,” kenang Luna.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular