Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Syarifatul Syadiah Dukung Mobil Penyedot Lumpur untuk Atasi Banjir Kota


TANJUNG REDEB
– Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul Syadiah, mengungkapkan apresiasinya terhadap Pemerintah Kabupaten Berau yang telah berhasil mengoperasikan mobil penyedot lumpur pada sistem drainase yang terdapat di daerah perkotaan.

“Saya mengapresiasi langkah ini, terutama mengingat adanya permintaan dari masyarakat yang membutuhkan pembersihan drainase mereka,” ungkap Syarifatul.

Syarifatul mengakui bahwa banyak drainase yang tersumbat oleh lumpur dan sampah, sehingga aliran air menjadi terhambat dan tidak dapat mencapai anak sungai. Hal ini sering menyebabkan genangan air dan banjir di beberapa titik perkotaan.

Dengan adanya operasional mobil penyedot lumpur ini, Syarifatul berharap alat tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, terutama oleh warga yang tinggal di gang-gang dan daerah drainase yang penuh dengan lumpur.

Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan kerja bakti, karena kerja bakti ini juga bertujuan untuk kepentingan bersama.

“Terkait alat ini, saya berharap agar digunakan sebaik-baiknya,” tambahnya.

Ia mencontohkan situasi di RT 01 Kelurahan Gayam yang mengalami pendangkalan drainase. Oleh karena itu, ia meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait untuk segera membersihkan lumpur di sana. Hal ini sangat penting, terutama ketika hujan deras, karena beberapa rumah di Kelurahan Gayam bisa tergenang air hingga setinggi lutut orang dewasa.

“Pemulihan juga harus dilakukan di lingkungan sekitarnya yang masih tergenang air untuk memastikan air dapat mengalir dengan baik dan tidak menyebabkan genangan berhari-hari saat hujan,” jelasnya.

Syarifatul berharap bahwa penggunaan mobil penyedot lumpur ini akan efektif dalam mengatasi masalah banjir akibat penumpukan lumpur di saluran drainase. Selain itu, ia mendorong masyarakat untuk aktif melaporkan daerah yang sulit dibersihkan sendiri kepada OPD yang berwenang.

“Penglibatan aktif masyarakat sangat penting dalam penanganan masalah ini,” tandasnya. (ADV/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular