Selasa, Juli 23, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sistem Irigasi Jadi Prioritas Pembangunan di Kaltim

SAMARINDA – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji, mengatakan bahwa sistem irigasi adalah salah satu faktor penting untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Kaltim. Ia meminta Pemprov Kaltim untuk segera merealisasikan pembangunan bendungan dan embung di beberapa daerah persawahan.

Menurut Politisi Gerindra ini, sistem irigasi yang baik akan menjamin ketersediaan air untuk mengairi sawah-sawah di Kaltim. Hal ini sangat dibutuhkan terutama saat musim kemarau yang dapat mengganggu produktivitas pertanian.

“Kita harus memastikan bahwa petani kita mendapatkan air irigasi yang berkelanjutan. Karena itu, saya mendesak Pemprov Kaltim untuk memprioritaskan pembangunan bendungan dan embung di beberapa lokasi, seperti di Kukar dan Samarinda,” ujar Seno saat diwawancarai di kantor DPRD Kaltim, Senin Kemarin (6/11/2023).

Seno menambahkan, pembangunan irigasi akan menjadi salah satu program utama yang akan dikerjasamakan dengan Pemprov Kaltim dalam kurun waktu 2024-2025. Ia mengaku sudah berkomunikasi dengan Pj Gubernur Kaltim tentang hal ini.

“Kami sudah menyampaikan kepada pak Pj Gubernur bahwa sektor irigasi ini harus menjadi prioritas. Karena ini akan berdampak langsung kepada kesejahteraan petani kita,” kata Seno.

Selain itu, Seno juga memberikan apresiasi kepada Pemprov Kaltim yang telah memberikan berbagai bantuan kepada petani, seperti alat dan mesin pertanian, bibit, dan lain-lain. Ia mengatakan, bantuan-bantuan tersebut telah berkontribusi terhadap peningkatan produksi gabah di Kaltim, khususnya di Kukar.

“Program-program yang dilakukan oleh Pemprov Kaltim sudah mulai membuahkan hasil. Kita bisa lihat, produksi gabah di Kukar meningkat dari tahun 2022 ke 2023. Meskipun ada sedikit penurunan di akhir tahun ini karena musim kemarau, tapi kita yakin tahun depan akan lebih baik lagi,” pungkas Seno. (adv/dprdkaltim/kn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular