Senin, Juni 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sinyal Jokowi Mendukung Ganjar untuk Pilpres

JAKARTA – Arah dukungan Presiden Joko Widodo kepada Ganjar Pranowo kian menguat. Sebagai kader PDI Perjuangan, hal yang wajar jika Jokowi mendukung Ganjar yang diusung PDI Perjuangan sebagai calon presiden (capres) untuk Pemilu 2024.

Tanda-tanda tersebut tampaknya tatkala Jokowi dan Ganjar makan malam bersama. Acara makan malam itu diungkap Ganjar melalui Instagram-nya, Selasa (13/6). Namun, tidak dijelaskan di mana makan malam itu digelar. Ganjar turut mengunggah foto saat tengah duduk di meja makan berdua dengan Jokowi. Senyum pun tampak merekah di wajah keduanya.

“Kalau pas lagi makan malam bareng Pak Jokowi, ada menu yang nggak boleh ketinggalan. Apa coba?” tulis Ganjar.

Sebagai informasi, Ganjar memang tengah berada di Jakarta. Selasa sore, dia juga sudah bertemu Jokowi. Ganjar menghadiri rapat terbatas mengenai pengelolaan Kawasan Borobudur. Dalam pertemuan tersebut, Ganjar juga mengaku sempat terselip obrolan mengenai politik dengan Jokowi.

“Selalu ada (pembahasan politik). Kalau saya bertemu Pak Jokowi, selalu ada perbincangannya soal itu (politik),” kata Ganjar melalui keterangan tertulis. Jokowi juga disebut Ganjar bertanya soal pertemuan antar pimpinan partai dan komunikasi antar partai. Jokowi, kata Ganjar, selalu memantau pergerakan itu setiap hari.

“Jadi saat pimpinan partai ketemu partai lain, beliau selalu memantau. Tadi beliau tanya saya, tahu berita itu (pertemuan antar pimpinan partai) tidak Pak Gub? Saya jawab memantau, pak. Kata beliau tadi, itu bagus untuk demokrasi di Indonesia. Ya, selalu ada perbincangan politik kalau bertemu Pak Jokowi,” tuturnya.

Pengamat Politik SMRC Saidiman Ahmad menilai, unggahan itu memperjelas dukungan Jokowi ke Ganjar. Terlebih keduanya berasal dari partai yang sama. “Saya kira cukup jelas bahwa Jokowi mendukung Ganjar sebagai calon presiden. Pertama, PDIP sudah memutuskan mengajukan Ganjar sebagai calon dan Jokowi masih merupakan kader PDIP,” kata Saidiman.

Selain itu, Saidiman juga menilai Ganjar adalah tokoh yang paling mungkin melanjutkan program-program dan pembangunan Jokowi di masa mendatang. Keduanya pun memiliki profil yang hampir mirip. “Di antara tokoh-tokoh yang ada, Ganjar juga paling mungkin melanjutkan kebijakan Jokowi. Profil keduanya kurang lebih mirip,” sebut Saidiman.(kn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular