Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Simulasi Makan Siang Gratis Siswa di Merauke usai Lebaran

JAKARTA – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian berencana melaksanakan simulasi program makan siang gratis untuk siswa di Merauke, Papua Selatan, usai Lebaran 2024, setelah mengadakan kegiatan tersebut pertama kalinya di Kabupaten Tangerang, Banten.

“Sehabis Lebaran ini ada (simulasi makan siang gratis) di Merauke. Tadi, sempat diskusi konsep makan siangnya kemarin seperti apa yang di Kabupaten Tangerang dan nanti yang di Merauke seperti apa,” kata Tenaga Ahli Kemenko Perekonomian untuk Pengentasan Kemiskinan Ekstrem Ahmed Zaki Iskandar di Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Ia menyampaikan bahwa menu simulasi makan siang gratis di Merauke nantinya akan menggunakan ikan sebagai upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi pangan lokal serta mendukung implementasi program Gemar Makan Ikan (Gemari).

Menurutnya, pilihan menu tersebut merupakan inisiatif dari pemerintah daerah setempat.

“Kalau usulan dari Kabupaten Tangerang kemarin adalah bagaimana bila makan siang menggunakan (makan yang dijual) para pedagang lokal di sekeliling sekolah, kan ada tukang siomai, gado-gado, katering, dan termasuk ibu (penjaga) kantin,” ucap Zaki.

Selain mengusulkan pemberdayaan pelaku usaha di sekitar sekolah, ia mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Tangerang juga mengusulkan pengalokasian dana bantuan operasional sekolah (BOS) tambahan untuk program makan siang gratis tersebut.

“Skema yang diusulkan oleh Kabupaten Tangerang adalah melalui skema dana BOS di luar atau tidak mengotak-atik dana BOS reguler yang sekarang berjalan. Jadi, ini dana BOS tambahan,” ujarnya. (Ant/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular