Sabtu, Mei 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sidak Pj Gubernur Kaltim di Rumah Sakit Aws dan SAMSAT Samarinda: Evaluasi Kedisiplinan Pegawai dan Kualitas Layanan Publik

SAMARINDA – Penjabat Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Rumah Sakit Abdul Wahab Sjahrani dan Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Samarinda pada Selasa (16/4/2024) pagi, sebagai bagian dari upaya pembinaan pegawai sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 53/2010 tentang disiplin pegawai. Bersama jajaran pemerintah provinsi, termasuk sekretaris daerah dan asisten, Akmal Malik memastikan bahwa seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan layanan publik telah memulai aktivitasnya.

“Sudah kami bersama jajaran pemerintah provinsi sekda, asisten, apakah ASN kita sudah melaksanakan kewajibannya untuk kembali bertugas setelah selesai cuti lebaran Alhamdulillah tadi kita sudah berkunjung ke rumah sakit Aws dan sekarang kita meninjau pelayanan publik juga di samsat Alhamdulillah berjalan baik,” ungkap Akmal Malik.

Selama inspeksi tersebut, ditemukan beberapa kendala, terutama di rumah sakit terkait penumpukan di pendaftaran awal. Akmal Malik menyoroti pentingnya manajemen waktu yang baik, sebagaimana yang telah diterapkan di luar negeri, seperti di Singapura. “Mereka memberlakukan seperti contoh nomor 1 sampai Nomor 10 datangnya jam 08.00 pagi nomor selanjutnya datang jam 09.00 nah ini yang belum kita terapkan di rumah sakit aws mereka berjanji akan menerapkan ini karena itu berpengaruh banyak sekali kalau manajemen waktunya tepat motor yang datang mobil datang sepi jadi space yang ada itu nyaman bagi siapapun yang datang,” jelasnya.

Meski demikian, layanan publik di SAMSAT dinilai sudah berjalan baik. “Semuanya sudah dilayani dengan baik tadi juga pendaftaran pajak kendaraan cuma butuh waktu 5 menit mereka bisa bayar di luar cuman cetak di sini aja seperti yang tadi 5 tahunan mereka lebih mudah karena apa Karena mereka bisa melakukan dengan online,” ujarnya.

Akmal Malik juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pegawai yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik. “Untuk pegawainya semua tadi sudah datang kecuali yang cuti tadi saya juga berterima kasih kepada seluruh pegawai juga yang telah menepati janjinya untuk melaksanakan tugasnya,” tandasnya. (han)

Penulis: Hanafi
Editor :

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular