Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Siap 90 Persen, OIKN Optimis Upacara HUT ke-79 RI Akan Berjalan Baik

JAKARTA – Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Kepala Otorita IKN (OIKN) Raja Juli Antoni optimistis pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2024 akan berjalan dengan baik.

“Saya sangat optimistis penyelenggaraan upacara HUT ke-79 RI di IKN Agustus mendatang akan berjalan dengan baik,” kata Raja dalam keterangan, di Jakarta, Kamis (4/7/2024). 

Menurut Raja, pelaksanaan upacara HUT ke-79 RI di IKN bakal berjalan lancar, tidak terlepas dari tangan dingin Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono.

“Bagi saya, Pak Bas (Plt Kepala OIKN Basuki Hadimuljono) akan meletakkan pijakan yang solid bagi siapa pun yang nantinya akan melanjutkan kepemimpinan di Otorita Ibu Kota Negara Nusantara, insya Allah,” ujarnya pula.

Raja mengungkapkan, setelah satu bulan bekerja sama dengan Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, sosok pria yang akrab disapa Pak Bas merupakan seorang pembelajar yang sangat cepat.

Bahkan menurut Raja, Basuki merupakan salah satu orang yang dipercaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mewujudkan visi besar Indonesia.

“Dalam waktu singkat, beliau mampu mengidentifikasi, memetakan dan memformulasikan solusi terhadap persoalan yang ada,” ujar Raja.

Selain itu, menurut Raja, Pak Bas yang juga merupakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu bersedia mendengarkan seluruh keluh kesah dan berdiskusi dengan sangat humanis tanpa ada batasan antara atasan dan bawahan.

“Pak Bas selalu berorientasi pada langkah solutif. Meski memiliki gelar doktor, beliau sangat menikmati diskusi. Namun sebagai pembuat kebijakan, beliau menyadari keputusan harus diambil, dijalankan dan dihasilkan. orientasinya pada penyelesaian masalah, mendorong yang macet dan mengurai yang kusut,” ujarnya lagi.

Dengan pola kepemimpinan Pak Bas, Raja optimistis rencana pembangunan IKN berjalan sesuai dengan rencana.

Sebelumnya, Menteri PUPR sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono mengungkapkan persiapan untuk HUT Kemerdekaan RI di IKN secara keseluruhan dinyatakan siap.

“Secara keseluruhan sudah bisa dinyatakan siap, saya kira 90 persen. Nanti Juli Bapak Presiden RI akan ke IKN lagi untuk melakukan pengecekan final,” ujar Basuki.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pengecekan satu per satu seperti lokasi dan tata urutnya terkait perayaan HUT Kemerdekaan RI di IKN. Selain itu, sutradara untuk HUT Kemerdekaan RI di IKN yakni Wishnutama Kusubandio dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

“Sudah dicek satu per satu oleh Bapak Presiden RI, satu per satu dicek karena sutradaranya itu Bapak Wishnutama dengan Bapak Menteri Sekretaris Negara. Jadi semua sudah siap, panggungnya kayak apa, tendanya kayak apa supaya kelihatan istana dan kantor presiden, di mana tata urutannya insya Allah sudah siap,” katanya pula.

Basuki juga menyampaikan bahwa pada Agustus nanti 12 tower rumah susun (rusun) ASN di IKN sudah fully furnished untuk ditempati para peserta upacara. Sedangkan rumah tapak jabatan menteri juga nanti sudah selesai, sehingga bisa ditempati. Kemudian istana presiden sudah selesai. (ANT/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular